Dana JKN di Puskesmas Lawe Perbunga Diduga Diselewengkan, APH Diminta Bertindak

oleh
Puskesmas Lawe Perbunga, Kecamatan Babul Makmur, Kabupaten Aceh Tenggara. (Safrizal/Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Kepala Pusat kesehatan masyarakat (Ka.Puskesmas) Lawe Perbunga, Kecamatan Babul Makmur, Kabupaten Aceh Tenggara (Agara) diduga menyalahgunakan peruntukan dana Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tahun anggaran 2022.

Dugaan penyelewengan dana kesehatan masyarakat tersebut disampaikan Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Aceh Tenggara melalui Bupatinya, M Saleh Selian kepada Posmetromedan.com.

LIRA berharap aparat penegak hukum (APH) di Kabupaten Aceh Tenggara turun ke Puskesmas Lawe Perbunga melakukan penyelidikan atas dugaan korupsi yang terjadi disana.

BACA JUGA..  Pj Gubernur Sumut Lantik Pj Bupati Deliserdang dan Tapanuli Utara

Disebutkan M Saleh Selian, setiap bulannya dana JKN yang diterima pihak Puskesmas Lawe Perbunga lumayan besar. Sehingga dugaan korupsi dalam penyalurannya pun berpotensi besar. “Kita menduga bahwa kepala Puskesmas Lawe Perbunga dan orang-orangnya telah melakukan tindakan koruptif terhadap anggaran kesehatan itu,” ujar M Saleh Selian, Jumat (11/8/2023).

“Diduga honor jasa medis yang diberikan oleh pihak Puskesmas kepada perawat medis dan dokter jumlah tidak sesuai lagi begitu juga dengan biaya transportasi lapangan ke desa,” sebutnya.

BACA JUGA..  Kasus Sabu 10 Kg dan 50 Butir Ekstasi, Warga Johor Dituntut 18 Tahun Bui

Selain tidak ada transparansi penyaluran dana program JKN, pihak Puskesmas pun diketahui melakukan pambayaran jasa medis tidak melalui transfer tapi masih menggunakan sistem manual pada tahun 2022.

Menurut LIRA Agara, sesuai dengan undang-undang keterbukaan publik, masyarakat perlu mengetahui berapa anggaran JKN yang dikelola Pukesmas Lawe Perbunga.

“Misalnya, berapa untuk jasa pelayanan rawat inap, jasa pelayanan kebidanan, jasa biaya rujukan, biaya BBM, jasa pelayanan dan jasa sarana dan jasa lainnya,” katanya.

BACA JUGA..  Pelaku Jambret di Flyover Jamin Ginting Ditangkap

Menyikapi dugaan penyalahgunaan JKN yang dilontarkan LIRA, Posmetromedan.com mengkonfirmasikannya kepada Lusi selaku Kepala Puskesmas Lawe Perbunga, pada Jumat (11/8/2023) siang.

Tapi hingga berita ini ditayangkan pada Jumat sore, pertanyaan Posmetromedan.com tidak mendapat tanggapan dari Lusi. (*)

Reporter: Safrizal
Editor: Maranatha Tobing