PERUMAHAN WEB

Aceh Tenggara Dilanda Banjir, 10 Kecamatan Terdampak 326 Jiwa Mengungsi

oleh
Sejumlah pengendara roda dua dan empat melintas di jalanan yang digenangi air luapan banjir di Kabupaten Aceh Tenggara. (Safrizal/Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Hujan deras yang terjadi sejak Jum’at (18/8/2023) lalu mengguyur Kabupaten Aceh Tenggara menyebabkan banjir di 10 kecamatan.

Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara melalui Kalaksa BPBD didampingi Kadis Kominfo Kabupaten Aceh Tenggara menjelaskan wilayah terdampak banjir berada di 10 Kecamatan terdiri dari, Kecamatan Bambel; Lawe Sumur; Semadam; Bukit Tusam; Lawe Bulan; Lawe Sigala-gala; Tanoh Alas; Lawe Alas; Babul Rahmah dan Babusalam.

BACA JUGA..  Kapolres Tapsel Diminta Tangkap Penimbun Solar di Batang Toru

Akibat banjir tersebut sebanyak 2.230 KK dan 8.101 jiwa terdampak banjir.  166 KK dan 326 jiwa harus mengungsi  di 3 titik posko penampungan sementara.

Hingga saat ini, Rabu tanggal 23 Agustus 2023, kerugian meterial akibat banjir menyebabkan 2.225 rumah terendam, 5 rumah rusak berat, 5 jembatan rusak, 4 sekolah, 4 rumah ibadah, 746 Ha lahan pertanian/persawahan, 3090 meter tanggul jebol, Hidran Umum (HU) tempat penampungan air bersih dari PDAM di 10 titik Kecamatan.

BACA JUGA..  Belasan Remaja di Siantar Diamankan Hendak Tawuran

Adapun upaya yang di lakukan oleh tim BPBD Agara yaitu, memberikan 500 paket bantuan masa panik, melakukan pemasangan tenda pengungsian dan membuat dapur umum di Kute/Desa Lawe Hijo Kecamatan Bambel, bekerjasama dengan Dinas Sosial dibuat untuk masyarakat yang mengungsi  akibat banjir. (*)

Reporter: Safrizal
Editor: Maranatha Tobing