Edarkan Upal Warga Tanjung Selamat Ditangkap Polsek Sunggal 

oleh -89 views

POSMETROMEDAN.com – Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) Polsek Sunggal menangkap Warga Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan. Pasalnya dia mengedarkan uang palsu (Upal).

Sebelum ditangkap pada hari Sabtu, (22/5/2021) kemarin, tersangka berinisial V (34) mengedarkan uang pecahan Rp20 ribu palsu di Jalan Bunga Raya, Asam Kumbang.

Kapolsek Sunggal Kompol Yasir Ahmadi melalui Kanit Reskrim AKP Budiman Simanjuntak yang dikonfirmasi membenarkannya. “Benar. Pengungkapan tersebut berawal dari kegiatan patroli rutin yang dilakukan oleh personel Polsek Sunggal. Selanjutnya saat melintas di Jalan Bunga Raya Kelurahan Asam Kumbang, ternyata massa sudah ramai berkumpul sehingga menimbulkan kemacetan lalu lintas,” ujar AKP Budiman, Senin, (24/5/2021).

BACA JUGA..  14 Pelaku Pungli dan Preman Diamankan Polsek Medan Timur

Saat itu, lanjut mantan Kanit Reskrim Polsek Medan Kota ini, tersangka V telah ditangkap oleh massa.

“Sehingga untuk mengamankan situasi, personel kita langsung mengamankan tersangka berikut barang bukti ke Mapolsek Sunggal,” jelas AKP Budiman.

Disebutkan AKP Budiman, berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan terhadap tersangka, saksi serta barang berupa uang kertas pecahan Rp 20 ribu yang diduga adalah palsu.

“Tersangka menggunakan uang palsu tersebut untuk membeli rokok di warung korban S Sitompul (32). Sehari sebelumnya, korban juga telah membelanjakan uang palsu di warung tersebut. Namun saat itu, korban baru sadar ketika tersangka telah pergi,” sebut AKP Budiman.

BACA JUGA..  Edy Rahmayadi Harapkan Korban Segera Tempati Rumah Baru

Namun, keesokan harinya, tersangka kembali membelanjakan uang palsu di warung tersebut.

“Saat itu, korban langsung menjerit sehingga mengundang perhatian warga dan membuat tersangka kabur hingga terperosok ke parit dan diamankan warga,” tambah mantan Kanit Reskrim Polsek Patumbak ini.
Beruntung bagi pelaku, Tekab Sunggal yang sedang berpatroli melintas di lokasi dan mengamankan tersangka dari amuk massa.

Usai diamankan, kata Kanit, tersangka berikut barang bukti uang pecah Rp. 20 ribu diduga palsu beserta Mio Soul BK 3169 XI yang dipakai oleh tersangka langsung digelandang ke Mapolsek Sunggal untuk diproses.

BACA JUGA..  Polisi Angkut 35 Mesin Judi dan Belasan Alat Hisap Sabu

“Saat ini, kita masih mendalami kasusnya, termasuk keterangan tersangka yang menyatakan uang tersebut berasal dari pemberian temannya, itu masih kita dalami lagi, namun terhadap tersangka telah kita tahan di RTP Polsek Sunggal dan kita persangkakan melanggar pasal 36 ayat 3 UU No. 7 Tahun 2011, tentang Mata Uang dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara,” pungkas Budi. (oki/gib)

 

EPAPER