DPRD Dukung Pemko Medan Lakukan Mudik Gratis 

oleh
Ketua DPRD Medan Hasyim SE (istimewa)

Posmetromedan.com – Kegiatan mudik gratis di tahun 2024 dengan tajuk ‘Mudik Bareng Pemko Medan 2024’ diapresiasi DPRD Medan. Mudik gratis yang dilakukan guna memfasilitasi warga yang ingin pulang ke kampung halamannya di sejumlah kabupaten/kota di Sumut tentu patut didukung.

Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim SE, mengaku, mendukung kegiatan Mudik gratis yang digelar Pemko Medan untuk ketiga kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2022 tersebut.

“Kami di DPRD Kota Medan tentu sangat mendukung kegiatan Mudik Gratis yang digelar Pemko Medan. Sebab kita tahu, kegiatan Mudik Gratis ini sangat bermanfaat untuk membantu masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga di hari raya Idul Fitri,” ucap Hasyim SE kepada wartawan, kemarin.

Hasyim pun mengaku optimis bahwa program Mudik Bareng Pemko Medan 2024 ini akan mendulang kesuksesan yang sama dengan Mudik Bareng Pemko Medan di tahun-tahun sebelumnya.

“Sebab kita tahu, kegiatan Mudik gratis yang digelar tahun 2022 dan 2023 lalu mendapatkan antusiasme yang sangat tinggi dari masyarakat. Kita pun yakin, tahun ini kegiatan Mudik gratis dari Pemko Medan di tahun 2024 akan kembali mendulang sukses, bahkan lebih sukses dari tahun-tahun sebelumnya. Sebab kali ini kuotanya ditambah jadi 6.000 penumpang,” ujar Hasyim yang bakal duduk di DPRD Sumut periode 2024-2029.

BACA JUGA..  Stok Vaksin di Puskesmas Medan Kosong, Dua Bulan Bayi tidak Imunisasi

Hasyim pun menilai, penambahan kuota penumpang Mudik Gratis Pemko Medan dari tahun 2022 sebanyak 3.000 penumpang, tahun 2023 sebanyak 5.000 penumpang, dan 2024 menjadi 6.000 penumpang, merupakan bukti komitmen Pemko Medan yang ingin terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat.

“Semakin tahun semakin banyak warga di Kota Medan yang bisa terakomodir untuk mudik, tentu ini patut kita apresiasi. Apalagi kita tahu, sebagai fasilitas perjalanan, di tahun ini Dishub Medan kembali menyiapkan snack untuk berbuka puasa, makan gratis sebanyak satu kali, serta souvenir gratis bagi setiap penumpang,” ungkapnya.

BACA JUGA..  HDCI Medan Sumut Bagi-bagi Sembako kepada Petugas Posko Pengamanan Mudik Lebaran

Untuk itu, Hasyim pun mengajak warga Kota Medan ataupun warga yang beraktivitas di Kota Medan dan ingin mudik ke kampung halamannya untuk memanfaatkan program Mudik Gratis Bareng Pemko Medan di tahun ini.

“Kepada warga Kota Medan yang ingin berlebaran di kampung halaman, jangan sampai kelewatan. Besok, 18 Maret 2024, pendaftaran Mudik Gratis Pemko Medan akan dibuka. Segera daftarkan diri dan keluarga,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis S.SiT MT, menjelaskan pendaftaran Mudik Bareng 2024 akan dibuka mulai pada 18 – 22 Maret 2024 di 3 titik, yakni di Kantor Dishub Jalan Pinang Baris, Taman Ahmad Yani, dan UPT PKB Amplas.

“Pendaftaran dibuka mulai pukul 08.30-14.00 WIB. Saya tegaskan, pendaftaran tidak dilakukan secara online. Jadi bagi masyarakat yang ingin ikut Mudik Bareng Pemko Medan harus datang langsung untuk mendaftar,” ucap Iswar.

Setelah melakukan pendaftaran, kata Iswar, pihaknya akan melakukan verifikasi penumpang terlebih dahulu sebelum akhirnya membagikan tiket di Taman Ahmad Yani pada 25-27 Maret 2024 mulai pukul 09.00-15.00 WIB. Sama seperti tahun lalu, pemberangkatan akan digelar di Jalan Masjid Raya.

BACA JUGA..  Bobby Berangkatkan 6.060 Pemudik Gratis Bareng Pemko

“Keberangkatan di tanggal 6 – 8 April 2024. Saat mendaftar, masyarakat boleh memilih sendiri tanggal berapa mereka akan berangkat,” katanya.

Iswar menjelaskan, pada kegiatan Mudik Bareng Pemko Medan tahun 2024 ini, pihaknya masih memfasilitasi masyarakat dengan 12 rute yang dibuka pada kegiatan Mudik Bareng Pemko Medan tahun lalu.

Adapun 12 rute yang dimaksud, yakni rute Medan – Pakpak Bharat, Medan – Sidikalang, Medan – Tarutung, Medan – Sibolga, Medan – Rantau Prapat, Medan – Kota Pinang, Medan – Sibuhuan, Medan, Gunung Tua, Medan – Sipirok, Medan – Natal, Medan – Panyabungan dan Medan – Padang Sidempuan. (*)

Editor: Ali Amrizal