Kanwil Kemenkumham Sumut Sidak Rutan Humbang Hasundutan

oleh
Tim Kanwil Kemenhumkam Sumut didampingi Petugas Rutan Kelas IIB Humbang Hasundutan sedang melakukan penggeledahan di kamar hunian warga binaan. (Gamael/Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Tim Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum (Kemenhumkam) Sumatera Utara melakukan inspeksi mendadak di Rutan Kelas IIb Humbang Hasundutan, Selasa (27/2) kemarin.

Kepala Subbidang Pengelolan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, dan Keamanan Leonardo Pandjaitan dalam keterangan diterima, Rabu (28/2) mengatakan bahwa sidak dilaksanakan bertujuan untuk melakukan pembinaan, monitoring, pengawasan dan pengendalian. Selain dari untuk monev layanan pemasyarakatan.

“Kegiatan sidak kali ini bertujuan untuk melakukan pembinaan, monitoring, pengawasan dan pengendalian (bintorwasdal) dan untuk monev layanan pemasyarakatan,” kata Leonard.

BACA JUGA..  Kisruh Pembagian Warisan, Manalu Bacok Adek Kandung

Leonardo selaku ketua tim sidak menjelaskan bahwa sidak kali ini diawali dengan melakukan razia insidentil penggeledahan badan, dan kamar hunian warga binaan.

Dari penggeledahan, secara umum tidak ditemukan barang-barang terlarang, seperti narkoba dan handphone.

Namun, ada beberapa barang yang diduga dapat memicu gangguan kamtib berupa sendok yang ditajamkan, mancis, paku dan beberapa utas tali. Dan, hasil razia kemudian disita dan dimusnahkan.

BACA JUGA..  Pengelolaan Dana Bos Tidak Transparan, Kepsek SDN 1 Tualang Perlu Dilidik Polres Agara

Masih dikatakan Leonardo, selain dari penggeledahan juga dilakukan tes urine kepada warga binaan secara acak sebanyak 34 orang. Dari 34, semua hasil negatif.

“Jadi, sepanjang kegiatan berlangsung aman dan kondusif. Dan, saya senang dengan perubahan-perubahan positif di rutan ini. Semoga layanan pemasyarakatan semakin pasti khususnya di rutan humbahas,” harap Leonardo.

BACA JUGA..  Masyarakat Pancurbatu Kirimi Papan Bunga kepada Pangdam I/BB

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas IIb Humbang Hasundutan Sahat Sihombing mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran tim Kanwil Kemenhumkam Sumut.

“Kami sangat berterimakasih atas kehadiran dari tim kanwil kemenkumham sumut untuk membantu kami menjaga keamanan dan ketertiban pada rutan ini”, tutup sahat. (*)

Reporter: Gemael
Editor: Maranatha Tobing