Lahirkan Generasi Unggul, Honda Gelar Uji Kompetensi Keahlian Siswa SMK

oleh
Para siswa SMK binaan Honda sedang mengikuti Uji Kompetensi Keahlian Siswa Versi DUDI, yang berlangsung dari Maret sampai April 2024. (Indako for Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Mengusung semangat sinergi bagi negeri daam melahirkan generasi muda Sumatera Utara (Sumut) yang siap kerja, cerdas, dan mandiri, PT Indako Trading Coy menggelar Uji Kompetensi Keahlian Siswa Versi DUDI, yang berlangsung dari Maret sampai April 2024.

Dari 48 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mitra Binaan AHM se-Sumatera Utara, tercatat 6 SMK kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda yang telah memiliki ikatan kerjasama antara Dunia usaha dan Dunia Industri (DUDI) dan telah memiliki Tempat Uji Kompetensi (TUK), fasilitas lab dan tenaga ajar yang telah terverifikasi oleh PT Astra Honda Motor.

Rangkaian Uji Kompetensi Keahlian Siswa Versi DUDI diawali dengan digelarnya Uji Kompetensi Keahlian Siswa di SMK Sri Langkat Tanjung Pura dan SMK Dwiwarna Medan pada 4 – 7 Maret 2024. Dilanjutkan dengan pelaksanaan di SMKN 1 Lubuk Pakam pada 18 – 22 Maret 2024, SMKN 3 Sibolga pada pada 18 – 23  Maret 2024 dan SMK Persiapan Pematang Siantar pada 15 – 20 April 2024. Rangkaian uji kompetensi ini akan ditutp dengan pelaksanaan di SMK PABA Binjai yang dijadwalkan akan digelar pada 22 – 25 April mendatang.

BACA JUGA..  Jaga Keselamatan, Honda Bagikan Rumus Jaga Jarak Aman di Jalan

Pada setiap proses pengujian, para instruktur terlatih Honda berupaya memperkuat kemampuan para siswa terkait pemeriksaan lampu dan klakson, pemeriksaan/ penggantian oli mesin, pembersihan karburator, pembersihan saringan udara, pemeriksaan kondisi busi, pemeriksaan drive belt, pemeriksaan roda dan ban, penyetelan rem depan dan belakang, pemeriksaan tekanan bahan bakar, setting Answer Back System, penyetelan CBS, bongkar pasang CVT dan berbagai pemeriksaan komonen lainnya pada motor.

BACA JUGA..  Pahami Fungsi dan Cara Kerja Oli Pada Mesin Motor

Feri Panji, Honda Technical Instruktur PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda mengungkapkan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi 6 SMK Mitra Binaan AHM yang telah memiliki Tempat Uji Komptensi yang berperan sebagai perpanjangan tangan Honda dalam melakukan sertifikasi kelulusan para siswa SMK yang akan bekerja di bengkel resmi AHASS. Menurutnya kontribusi ini merupakan bentuk sinergi Honda dalam melangkah bersama menuju pendidikan vokasi Sumatera Utara yang lebih baik.

BACA JUGA..  Jaga Keselamatan, Honda Bagikan Rumus Jaga Jarak Aman di Jalan

Sementara itu Min Hian, Technical Service Manager PT Indako Trading Coy dengan semangat Satu Hati mengungkapkan, komitmen sinergi bagi negeri dalam melahirkan generasi masa depan dari SMK Mitra Binaan AHM terus gencar dilakukan Honda, salah satunya dengan mendukung gelaran Sertifikasi Kompetensi Keahlian Siswa SMK versi DUDI yang menjadi salah satu terobosan inovasi dari komitmen besar Honda dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di bidang vokasi yang sesuai dengan kubutuhan dunia usaha dan dunia indsutri. (*)

Reporter: Budi Hariadi
Editor: Maranatha Tobing