Galian C Ilegal Bebas Beroperasi di Sungai Kali Bulan Agara

oleh
Satu unit ekskavator tampak mengisi dum truk di lokasi galian C di Sungai Kali Bulan, yang diduga ilegal. (Safrizal/Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Aktifitas penambangan jenis Galian C diduga ilegal beroperasi di Sungai Kali Bulan di Desa Lawe Rutung, Kecamatan Lawe Bulan, Kabupaten Aceh Tenggara.

Kanit Tipiter Polres Agara, Yani mengatakan, untuk galian C yang beroperasi di Sungai Kali Bulan di Desa Lawe Rutung, Kecamatan Lawe Bulan itu belum ada pemberitahuan tersurat yang diterima pihaknya.

BACA JUGA..  Tega! Ayah Bekap dan Duduki Bayi

“Tidak ada surat pemberitahuan kami terima, baik dari Polsek Lawe Bulan maupun dari Pj Pengulu Kute Lawe Rutung,” kata Yani, Kamis (28/3/2024).

Yani menyebutkan, seharusnya ada pemberitahuan tersurat yang harus sampaikan ke pihak kepolisian.

“Setahu kami galian tersebut diambil untuk timbunan masjid,” ujar Yani.

Sementara itu, Kapolsek Lawe Bulan, Ipda Abi Naim saat di konfirmasi terkait galian c yang berada di wilayahnya mengatakan, galian yang sedang beroperasi itu, untuk keperluan timbunan mesjid Lawe Rutung.

BACA JUGA..  Polisi Buru Perampok WNA Prancis yang Jatuh di Air Terjun Sipiso-piso

Kapolsek Lawe Bulan menjelaskan, pihaknya sudah diberitahu oleh Pj. Pengulu Kute Lawe Rutung untuk melakukan galian tersebut.

Saat ditanya untuk surat pemberitahuan galian, Kapolsek mengarahkan ke Pj. Pengulu Lawe Rutung.

“Untuk pemberitahuan dari desa sudah ada, kalo untuk surat pemberitahuan ke Polres Aceh Tenggara belum kita berikan,”  ujarnya

Kapolsek menambakan, jumlah dam truck untuk pengangkut galian, ia tidak mengetahui.

BACA JUGA..  Penikam Penjaga Malam di Medan Labuhan Diciduk

Pantauan Posmetromedan.com di lokasi galian, terlihat satu ekskavator melakukan galian dan memuat ke beberapa mobil dam truck. (*)

Reporter: Safrizal
Editor: Maranatha Tobing