PERUMAHAN WEB

Bupati Deliserdang Serahkan LKPD Tahun 2023 kepada BPK RI

oleh
Bupati Deliserdang, HM Ali Yusuf Siregar menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited Tahun 2023 kepada Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Rabu (27/3/2024). (Kominfo for Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Bupati Deliserdang, HM Ali Yusuf Siregar menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited Tahun 2023 kepada Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Eydu Oktain Panjaitan SE MM Ak CA CSFA, di Aula Kantor BPK RI Sumatera Utara, Jalan Imam Bonjol, No.22, Medan, Rabu (27/3/2024).

Selain Kabupaten Deliserdang, penyerahan LKPD Unaudited Tahun 2023 ini bersamaan dengan Kabupaten Dairi dan Tapanuli Tengah.

Pada kesempatan tersebut, Bupati memberikan apresiasi yang tinggi kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara khususnya Tim pemeriksa LKPD Kabupaten Deliserdang.

“Tim pemeriksa telah melakukan pemeriksaan interim, membimbing, memberikan masukan, saran dan petunjuknya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang sehingga dapat menyerahkan LKPD Unaudited Tahun 2023 tepat waktu sesuai amanah dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 Tentang perbendaharaan negara, yang menyebutkan bahwa pemerintah daerah diwajibkan menyerahkan laporan keuangan kepada BPK RI untuk dilakukan pemeriksaan paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir,” jelas Bupati.

BACA JUGA..  Sah...!!! Zudden Pimpin KORMI Langkat 4 Tahun ke Depan

Bupati meyakini kegiatan yang telah dilakukan memiliki tujuan guna menilai dan mengukur Kepatuhan pemerintah daerah terhadap standar akutansi pemerintah, tranparansi pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan penerapan sistem serta pengendalian internal pemerintah.

“Tak ada gading yang tak retak, kami yakin LKPD Tahun 2023 ini masih belum sempurna, untuk itu
kami mohon bimbingan dan masukan dari BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara dengan harapan tahun ini kami bisa memperoleh kembali predikat yang sama seperti yang telah kami terima selama lima tahun sebelumnya,” kata Bupati.

BACA JUGA..  Meriahkan HUT Kota Tebing Tinggi ke-107, Pj. Wali Kota Dukung PB ESI Tebing Tinggi Gelar Turnamen PUBG antar Intansi

Pemberian predikat tertinggi tersebut, lanjut Bupati, tentunya akan menjadi penyemangat dan motivasi bagi seluruh jajaran Pemkan Deliserdang agar bisa mewujudkan Deliserdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan.

“Pemerintah Kabupaten Deliserdang akan terus berkomitmen melakukan perbaikan dan menindaklanjuti seluruh rekomendasi BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara yang akan dituangkan dalam laporan hasil pemeriksaan,” tegas Bupati.

Sementara itu, Kepala BPK RI Sumatera Utara, Eydu Oktain Panjaitan SE MM AkCA CSFA memberi apresiasi atas ketepatan dan kecepatan waktu penyerahan LKPD Unaudited Tahun 2023 bukan hanya kepada Pemkab Deliserdang saja, namun juga kepada Pemerintah Kabupaten Dairi dan Tapanuli Tengah.

BACA JUGA..  Terima Audensi AL Ittihidayah dan JBMI, Pj. Wali Kota Harapkan Dukungan dan Kebersamaan Guna Kammajuan Kota Tebing Tinggi

“Ketiga pemerintah daerah ini, sama-sama telah menjalankan amanah UU No.1 Tahun 2004 yang menjadikan Pemerintah Daerah ke 12, 13 dan 14 di Sumatera Utara (dengan kesamaan waktu penyerahan) dan lebih cepat empat hari dari sisa waktu yang diberikan yaitu 31 Maret 2024,” jelasnya.

Selanjutnya, untuk Kabupaten Deliserdang, BPK akan melakukan pemeriksaan terperinci atas LKPD Tahun 2023, mulai tanggal 1-5 April 2024.

“Dikarenakan mau mendekati libur Idulfitri disela-sela waktu pemeriksaan, maka kami beri jeda waktu. Akan dimulai lagi pada tanggal 16 April – 7 Mei 2024,” jelas Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara. (*)

Reporter: Demson Tambunan
Editor: Maranatha Tobing