Kapal Pengangkut Rohingya Terbalik di Laut Aceh Barat

oleh
Kapal puluhan orang diduga pengungsi Rohingya terbalik di laut Aceh Barat. (Ist/Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Kapal pengangkut puluhan orang diduga pengungsi Rohingya terbalik di laut Aceh Barat. Para pengungsi tersebut bertahan di atas kapal yang dalam kondisi terbalik tersebut. Panglima Laot memerintahkan nelayan membantu mereka.

Dalam video dilihat, Rabu (20/3/2024), puluhan pria tampak bertahan di atas kapal yang hampir tidak kelihatan. Mereka ramai-ramai melambaikan tangan meminta pertolongan.

Kapal yang mereka tumpangi hampir seluruhnya karam Beberapa orang tampak duduk di atas dan sebagian di antaranya memegang jeriken. Video tersebut direkam nelayan yang tengah melaut.

“Lokasinya di laut Meulaboh sekitar 16 mil dari Suak Ulee,” kata Panglima Laot Aceh Miftach Cut Adek kepada wartawan.

Dia meminta para nelayan di daerah itu untuk menolong pengungsi tersebut dan membawanya ke daratan. Menurutnya, di atas kapal tersebut ada sekitar 60-an orang.
“Panglima laot Aceh perintahkan nelayan menolong manusia yang tenggelam tersebut. Mereka makhluk Allah yang lagi butuh pertolongan,” jelas Miftach.

Sekjen Panglima Laot, Azwir Nazar, mengatakan, kapal tersebut terbalik sekitar pukul 09.00 WIB pagi tadi. Beberapa orang di dalam kapal disebut hanyut terseret gelombang.

“Sejauh ini sudah enam orang ditolong nelayan terdiri dari empat perempuan dan dua laki-laki,” jelas Azwir. (*)

Sumber: Rakyat Aceh
Editor: Hiras Situmeang