Angin Kencang Melanda Sipirok  Pohon Durian Tumbang Tutup Jalan 

oleh
Pohon tumbang menutupi jalan di Desa Sibadoar, Kecamatan Sipirok, Tapanuli Selatan. (Amran Pohan/Posmetromedancom)  

POSMETROMEDAN.com – Angin kencang melanda wilayah Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), sejak Sabtu (6/5/2023) malam. Ruas jalan provinsi yang menghubungkan Kecamatan Sipirok, Arse, SDH dan Aek Bilah, tertutup pohon durian tumbang, tepatnya di Desa Sibadoar, Minggu (7/5/2023) dini hari.

Akses jalan penghubung antar kecamatan itu, tertutup. Dan pada pagi hari, warga setempat, berubaya membuka jalan agar bisa dilalui kendaraan.

BACA JUGA..  Muchtar Nababan: Atasi Devisit Anggaran & Kesejahteraan Nelayan

“Hanya kreta (sepeda motor) dan mobil kecil yang bisa lewat,” terang Mastiur Pane  (57) salah seorang warga pada wartawan.

Disebut, angin kencang yang melanda Sipirok sekitarnya, menjadi penyebab tumbangnya pohon durian dipinggir jalan itu. Suara reruntuhan pohon tumbang terdengar keras dikegelapan malam.

“Angin kencang bercampur gerimis. Listrikpun sedang padam saat itu,” ucapnya.

Rahman (23) salah seorang pengguna jalan mengaku, harus berputar arah, mencari jalan alternatif menuju Arse, setelah melihat ada pohon tumbang menutupi badan jalan itu.

BACA JUGA..  PKB Karo Buka Pendaftaran Balon Bupati Pilkada 2024

“Saya harus mutar, menggunakan akses jalan Simaninggir, Sabatolang, Hasang Marsada menuju Arse,” terangnya sambil  menyebut, kenderaan lainnya juga kelihatan memanfaatkan akses itu, karena pohon tumbang di Sibadoar.

Warga berharap, pohon tumbang harus segera di bersihkan dari badan jalan untuk menghindari antrian. Atau, setidaknya memberi tanda di persimpangan bahwa badan jalan tertutup.

BACA JUGA..  9 Berkas Balon Bupati Deliserdang Diserahkan ke DPD Partai Golkar Sumut

Camat Sipirok Sahruddin Perwira membenarkan tertutupnya badan jalan akibat pohon tumbang, setelah diterjang angin kencang.

Disebut, akibat pohon tumbang itu juga, diduga mengakibatkan padamnya listrik disekitar  Desa Sibadoar. Dan pihaknya telah menyampaikan kondisi itu kepada PLN. (*)

Reporter: Amran Pohan
Editor: Maranatha Tobing