Tipu Kerabat Ratusan Juta, Lubis Diciduk Tekab Polres Tanjung Balai

oleh -329 views

POSMETROMEDAN.com – Diduga hendak kabur, Agus Salim Lubis (55) warga Perumahan Anugerah 1 No AA 3 Jl.Labu, Kelurahan Siumbut Baru, Kecamatan Kota, Kabupaten Asahan, tak berkutik saat diciduk Tekab Polres Tanjung Balai, Kamis (3/6/2021) kemarin.

Bukan tanpa sebab, Agus diamankan lantaran melakukan penipuan sebesar Rp642 juta pada korbannya, Ahmad Atan Ansari (41) warga Jl Budi Utomo, Kelurahan Siumbut-umbut, Kecamatan Kota Kisaran Timur, Kabupaten Asahan.

Informasi yang dihimpun, aksi penipuan yang dilakukan tersangka terjadi Juli 2017 lalu. Bermula dari menawarkan sebidang tanah, korban yang sudah percaya pada tersangka pun langsung berminat membelinya.

BACA JUGA..  Tekab Polsek Tamora Cduk Pencuri Baterai Truk

“Saat menawarkan tanah, tersangka mengaku pada korban jika tanah tersebut milik kerabatnya dan tidak akan dijual pada orang lain selain hanya pada dirinya. Sehingga korban membeli tanah tersebut melalui tersangka dan memberikan uang sebesar Rp 642 juta,” ungkap Kapolres Tanjung Balai, AKBP Putu Yudha Prawira.

Dijelaskan Putu, usai menyerahkan uang tersebut, tersangka pun berjanji akan memberikan Sertifikat Hak Milik (SHM) tanah tersebut pada korban jika transaksi jual beli sudah selesai. Namun hingga kini tersangka tak kunjung memberikan SHM tersebut.

BACA JUGA..  Ganja 93 Kg dan 3 Kg Sabu Dimusnahkan Polres, Bupati Berikan Apresiasi

“Jadi korban dan tersangka berteman baik, sehingga korban percaya begitu saja. Dan pada tahun 2018, korban mendapat informasi jika tanah tersebut sudah dijual tersangka pada orang lain. Sehingga korban keberatan dan melaporkan ke Polres Tanjung Balai dengan Laporan Polisi Nomor : LP/84/III/2021/SU/RES T.BALAI.Tanggal 06 Maret 2021,” terang Putu.

Lanjutnya, jika kini pihaknya masih memeriksa tersangka guna mengetahui kemungkinan adanya korban lain. “Tersangka mengakui perbuatannya. Tersangka kita jerat Pasal 378 atau pasal 372 KUHPidana dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara,” tandas mantan Kasat Reskrim Polrestabes Medan ini. (gib)

BACA JUGA..  Polsek Medan Kota Ciduk Penyabu

EPAPER