MANDIRI SYARIAH

Tangkap Otak Pelaku Pencurian Arus Listrik Eks Terminal Pusat Pasar!

oleh -652 views
Edy Sembiring SH

POSMETROMEDAN.com – Beberapa waktu lalu, warga yang bermukim di Kelurahan Pusat Pasar Kecamatan Medan Kota dibuat resah. Beberapa oknum preman yang disebut-sebut dikordinir pria berinisial SM mencuri arus listrik.

Arus tersebut digunakan untuk menerangi eks Terminal Pusat Pasar. Aliran listrik itu sempat diputus pihak PLN didampingi pihak Kepolisian, namun agaknya saat ini kembali digunakan.

Praktisi Hukum Kota Medan, Edy Sembiring SH meminta kepada pihak yang berwenang untuk menangkap pelaku pencurian arus listrik tersebut. Sebab, sangat membahayakan warga sekitar.

“Jangan hanya pelaku, tapi otak pelakunya harus ditangkap dan ditahan. Pencurian arus itu sangat berbahaya, bisa terbakar pemukiman disana kalau terjadi korsleting,” tegas Edy.

BACA JUGA..  Buron Kasus Perampokan Diciduk, Kaki Dipelor

Menurut Edy, pihak PLN dan Kepolisian harus bisa mencari orang yang bertanggung jawab atas pencurian arus listrik itu. Karena hingga saat ini tidak ada yang bertanggung jawab atas tindak kriminal tersebut.

“Jangan hanya diputus saja, orang yang bertanggungjawab melakukan itu (pencurian arus) harus dicari,” sebutnya.

Edy mengatakan, sangat disayangkan bila setelah terjadi kebakaran pihak PLN dan Kepolisian baru mencari pelakunya. Hal itu bisa berdampak buruk.

“Jangan setelah kejadian (kebakaran) semua baru sibuk, nggak ada gunanya. Tangkap otak pelaku pencurian arus listrik itu, supaya tak ada lagi aktifitas ilegal yang membahayakan warga sekitar,” pungkasnya.

BACA JUGA..  'Dicor' Buruh Bangunan, Siswi SMA Lapor Polisi

Diberitakan sebelumnya, warga yang berada di sekitaran Pusat Pasar, Kecamatan Medan Kota ketakutan. Pasalnya, aliran atau arus listrik yang menerangi bekas (eks) terminal Pusat Pasar Medan dicuri.

“Listrik disini diduga dicuri dari salah satu box (kotak) yang ada di tiang listrik belakang pos siskamling. Dari kotak itu arus listrik dicuri,” kata salah satu warga yang enggan identitasnya dicantum.

Usut punya usut, pelakunya merupakan seorang oknum preman. Terduga pelaku sudah lama bercokol di terminal lama Pusat Pasar.

“Pelaku hanya memakai stut tanpa meteran listrik. Inisial otak pelaku SM pak,” tegas sumber.

BACA JUGA..  Sor Indehoy, Tiga Pasangan Mesum Diangkut Polsek Medan Baru

Sumber meminta agar Kepala PLN Cabang Medan segera melakukan pengecekan. Bila terbukti, pihak PLN segera melakukan penertiban dan tindakan hukum.

“Tolong segera dilakukan operasi pak. Kami warga sekitar takut kalau ada korsleting listrik.” pungkasnya.

Terpisah, Manager PLN Cabang Medan Dian mengaku akan mengecek tempat tersebut.

“Baik Pak. Segera kita cek dan pastikan. Terimaksih atas informasinya Pak,” tegas Dian via WhatsApp, Kamis (19/11) sore.

Pihak PLN sempat memutus aliran arus listrik yang dicuri. Namun pantauan POSMETROMEDAN.com, arus listrik curian tersebut kini telah dipasang kembali.(red)