PERUMAHAN WEB

Dipergoki Mencuri HP, Kakek di Siantar Ancam Warga Pakai Gergaji

oleh
Ilustrasi seorang pencuri hp ditangkap. (internet)

Posmetromedan.com – Seorang kakek berinisial SP alias Lobar (51) mencuri handphone dan dompet di salah satu rumah warga di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara (Sumut). Saat kepergok, pelaku sempat menganiaya korban dan mengancam warga menggunakan gergaji.

Kanit Reskrim Polsek Siantar Martoba Aiptu Ricardo Rajagukguk mengatakan pencurian itu terjadi di rumah korban di Komplek Advent, Jalan Rakutta Sembiring, Kecamatan Siantar Martoba, Kamis (16/5/2024) sekira pukul 05.00 WIB. Sementara pelaku diamankan warga sekira pukul 06.00 WIB.

“Personel piket Polsek Siantar Martoba mengamakan pelaku pencurian dengan pemberatan berinisial SP alias Lobar,” kata Aiptu Ricardo, Jumat (17/5).

BACA JUGA..  Polsek Salapian Dinilai Tak Bernyali Berantas Barak Narkoba

Ricardo menyebut awalnya korban tengah tertidur di ruang tamu rumahnya. Saat tertidur itu, korban meletakkan hp miliknya di sebelahnya.

Lalu, sekira pukul 04.40 WIB, pelaku Lobar mengajak temannya PS untuk melakukan pencurian. Mereka pun berkeliling mencari mangsa. Selang beberapa waktu, pelaku Lobar masuk ke dalam Komplek Advent, sedangkan temannya PS menunggu di sepeda motor.

“Pelaku Lobar mendatangi rumah korban dan membuka pintu depan yang tertutup, tapi tidak terkunci,” jelasnya.

Kemudian, pelaku pun masuk ke dalam rumah dan mengambil dompet korban yang terletak di ruang tamu. Namun, saat itu, korban tiba-tiba terbangun dan langsung berteriak.

BACA JUGA..  Residivis Kambuhan Ditembak Polsek Medan Kota

Akibatnya, pelaku memukul pipi korban menggunakan tangannya. Lalu, saat pelaku ingin mengambil hp korban, korban menghalangi. Alhasil, pelaku memukul tangan korban. Pada akhirnya hp tersebut bisa dibawa kabur oleh pelaku.

“Lalu, pelaku Lobar membawa dompet dan hp dari rumah korban untuk berusaha melarikan diri,” kata Ricardo.

Saat pelaku akan melarikan diri, korban pun berteriak. Alhasil, teriakan itu didengar oleh petugas jaga dan warga lainnya.

Warga pun berusaha mengejar pelaku. Namun, tiba-tiba pelaku masuk ke rumah salah satu warga dan mengambil gergaji.

BACA JUGA..  Residivis Kambuhan Ditembak Polsek Medan Kota

“Saat hendak kabur pelaku Lobar sudah dikepung warga sekitar. Pelaku mengancam warga dengan gergaji. Begitupun warga tidak takut dan berhasil menangkap pelaku Lobar, sedangkan rekannya PS berhasil kabur,” jelasnya.

Usai ditangkap, pelaku diboyong ke Polsek Siantar Martoba untuk proses pemeriksaan lebih lanjut. Saat, ini pihak kepolisian tengah memburu pelaku PS.

“Pelaku SP alias Lobar sudah ditahan dengan memersangkakan melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 365 KUHPidana,” pungkasnya. (*)

Reporter: Jonli
Editor: Maranatha Tobing