PERUMAHAN WEB

Polda Sumut & Polrestabes Medan : Tak Ada Pembongkaran Pesantren Tahfiz Darul Ibtihaj

oleh
Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda didampingi sejumlah pihak terkait, menjelaskan terkait penertiban lahan HGU PTPN II No.152, di Desa Sampali, Kecamatan Percut Seituan, sempat terjadi bentrok dengan Pesantren Tahfiz Darul Ibtihaj, Rabu (7/6) pagi. (Mamgampu Sormin/Posmetromedancom)

POSMETROMEDAN.com – Penertiban lahan HGU PTPN II No.152, di Desa Sampali, Kecamatan Percut Seituan, sempat terjadi bentrok dengan Pesantren Tahfiz Darul Ibtihaj, Rabu (7/6) pagi.

Menanggapi hal tersebut, Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda mengatakan, berkaitan dengan peristiwa yang terjadi Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak melalui Wakapolda Sumut Brigjen Pol Jawari memfasilitasi melaksanakan pertemuan.

“Alhamdulillah, pada pertemuan yang sudah difasilitasi itu dihadiri pihak PTPN II, Pesantren Tahfiz Darul Ibtihaj, tokoh agama serta alim ulama,” jelas Kapolrestabes, Kamis (8/6) dini hari.

BACA JUGA..  Polres Karo Razia Antisipasi Geng Motor dan Balap Liar

Pada pertemuan yang berlangsung di Mapolrestabes Medan, Kapolrestabes  menuturkan pihak PTPN II dan Pesantren Tahfiz Darul Ibtihaj telah membuat lima butir kesepakatan bersama dalam menyelesaikan permasalah tersebut.

“Pertama, tidak ada pembongkaran Pondok Pesantren Tahfiz Darul Ibtihaj. Kedua, menghentikan kegiatan dan ada evaluasi dari Polda Sumatera Utara,” lanjut Kombes Valentino.

Lebih lanjut, Valentino menuturkan ketiga semua pihak sepakat menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif di wilayah Sumatera Utara dan keempat, meminta kepada warga Sumatera Utara, Kota Medan, untuk tidak menyebar video viral yang tidak benar tentang peristiwa tersebut.

BACA JUGA..  Polres Karo Razia Antisipasi Geng Motor dan Balap Liar

“Kelima, terima kasih atas respon cepat dari Polda Sumut dan jajaran serta tokoh agama, masyarakat yang telah memfasilitasi penyelesaian masalah tersebut,” terang Mantan Dirlantas Polda Sumut itu.

Valentino menambahkan, pada pertemuan itu turut dihadiri Waka Polda Sumut Brigjen Pol Jawari, Buya KH Amiruddin, KH Zulfikar, kuasa hukum PTPN II, pengurus Pesantren Tahfiz Darul Ibtihaj serta para alim ulama lainnya.

BACA JUGA..  Polres Karo Razia Antisipasi Geng Motor dan Balap Liar

“Tentunya saya mengucapkan terima kasih kepada para tokoh agama dan alim ulama yang telah hadir dengan semangat yang sama dalam menciptakan situasi kamtibmas tetap kondusif,” pungkasnya. (*)

Reporter: Mangampu Sormin
Editor: Maranatha Tobing