Top! Pesantren Darul Mursyid Berhasil Raih 3 Juara Satu Sekaligus di KSM

oleh -166 views
Tiga siswa Darul Mursyid berhak mengikuti KSM tingkat Nasional (kiri-kanan) Khairunnisa Fitri Nst (juara 1 Biologi Terintegrasi), M Thariq Aulia Lubis (juara 1 Matematika Terintegrasi), Aisyah Asma Nadia Hasibuan (juara 1 Kimia Terintegrasi). (amran pohan)

POSMETROMEDAN.com – Top! Pesantren Darul Mursyid berhasil meraih 3 juara satu sekaliguspada ajang KSM, tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Berkat tiga juara pertama itu, Pesantren Modern Unggulan Terpadu ‘Darul Mursyid’ (PDM), Tapanuli Selatan mendapat tiket menuju tingkat nasional, dan saatnya go nasional.

Kepala Divisi Pembinaan Kejuaraan Sains PDM, Darwis Simbolon mengatakan, pandemi sama sekali tidak menurunkan semangat santri Darul Mursyid, untuk terus belajar dan belajar. Hal itu terbukti pada kompetisi yang sangat bergengsi yaitu KSM, yang dilaksanakan secara daring pada tanggal 18-20 September 202.

“Santri kami bisa terus bersaing, dengan ribuan sekolah dan madrasah dari seluruh Indonesia. Alhamdulillah setelah diumumkan secara resmi oleh Kementrian Agama, melalui laman ksm.kemenag, 6 santri kami berhasil meraih prestasi yang cukup membanggakan,” ucapnya pada wartawan.

Disebut, santri PDM yang berhasil meraih prestasi adalah, M Thariq Aulia Lubis (juara 1 Matematika Terintegrasi), Khairunnisa Fitri Nst (juara 1 Biologi Terintegrasi), Aisyah Asma Nadia Hasibuan (juara 1 Kimia Terintegrasi). Arif Darmawan (harapan 2 bidang ekonomi) dan Fauzan Fadhil Sinambela (peringkat ke 8 bidang geografi).

BACA JUGA..  PTPN IV Adolina Tanam Perdana 742 Ha Bibit Kelapa Sawit

Kemudian, di tingkat Tsanawiyah atas nama Fadli Fahlevi Muhammad (juara 2 Matematika Terintegrasi). Selanjutnya, sesuai SK terkait KSM 2021, maka siswa yang berhak mengikuti KSM Tingkat Nasional hanya peringkat 1 setiap bidang studi.

“Alhamdulillah PDM mempunyai 3 orang utusannya pada bidang Kimia, Matematika dan Biologi,” terangnya sambil mengucapkan terima kasih kepada Badan Pendiri Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (YASPENHIR) sekaligus pembina di Pesantren Darul Mursyid, Hj Riana Siregar, Ketua umum Yaspenhir, Direktur, Wakil-Wakil Direktur , dan seluruh jajaran Guru dan Karyawan PDM.

“Mudah-mudahan memberikan keberkahan bagi PDM, kejayaan Islam dan kebanggaan guru/pembina dan orangtuanya. Selanjutnya kami ucapkan terima kasih dan sekaligus mohon doa dan dukungannya untuk kesuksesan anak-anak kita yang akan bertanding di KSM tingkat nasional yang insya Allah jika tidak ada perubahan akan dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2021,” ungkapnya.

BACA JUGA..  Wabup Deliserdang Monitoring Vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Beringin

Sementara itu drs Yusri Lubis selaku Direktur Pesantren Darul Mursyid mengatakan, setiap tahun santri PDM selalu mendominasi pada KSM, baik di tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi. Prestasi ini tentunya wujud dan kerja sama yang baik antara peserta didik dengan guru, karyawan dan para pembinanya sehingga tahun demi tahun prestasi terus bertambah.

“Maju terus PDM, Insya Allah kita akan terus berjuang demi kajayaan Islam. Kita doakan semoga santri kita nanti bisa membawa hasil yang terbaik untuk kemajuan Islam, PDM dan negeri tercinta ini,” pungkasnya.

BACA JUGA..  Dekranasda Deliserdang Gelar Festival Kreasi Motif Tahun 2021

Hal serupa juga diutarakan, Ja’far Syahbudin Ritonga. Sebagai Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (YASPENHIR) memberi apresiasi atas prestasi ini.

“Selamat untuk para santri kami yang telah meraih juara umum KSM tingkap provinsi. Ini adalah prestasi yang dihasilkan atas kerja sama yang baik. Selamat kepada santri PDM yang telah membawa nama baik. Alhamdulillah 3 santri PDM yang meraih juara 1 itu bisa sebagai bukti bahwa PDM terus konsisten pada kejuaraan olimpiade-olimpiade sains. Namun, bukan berarti kita sudah puas, masih banyak lagi tugas PDM ke depan untuk meraih prestasi yang lebih banyak lagi. Kita harus lebih siap untuk memberikan pendampingan intensif menuju Nasional,” ungkap alumni S3 Malaysia ini. (ran)

EPAPER