Kapolsek Palipi Minta Pekerja PT Yogi Lestari Divaksin

oleh -210 views

POSMETROMEDAN.com – Satgas Covid Kecamatan Palipi melakukan sidak ke lokasi proyek Pengendalian Daya Rusak Sungai Binanga Singuluan, tepatnya di dusun II, Desa Simbolon Purba, Kabupaten Samosir Sumatera UtaraUtara,  Selasa (31/8/2021).

Alhasil, ditemukan sebanyak 10 (sepuluh) pekerja asal Siantar yang bekerja di proyek tersebut belum divaksin.

Kapolsek Palipi, Iptu Tona S Simanjuntak selaku ketua satgas Covid kecamatan Palipi bersama Pihak kecamatan dan kepala Desa Simbolon Purba, menyampaikan arahan untuk segera hari ini segera dilakukan vaksin kepada kesepuluh pekerja tersebut.

“Mana mandor nya”, tanya Kapolsek Palipi kepada salah satu pekerja. Tak berselang lama, pria bertubuh tambun menghampiri rombongan Satgas Covid Kecamatan Palipi, seraya bertanya “Ada apa pak?” tanya nya.

BACA JUGA..  Bupati Deliserdang Terima Penghargaan Abdi Bakti Tani 2021 dari Wapres KH Ma’ruf Amin

“Apakah para pekerja ini sudah di vaksin? “, Tanya Iptu Tona Simanjuntak, dan langsung di jawab oleh mandor, ” Belum pak!.

“Tolong kamu kumpulkan semua pekerja sekarang,” tegas Iptu Tona Simanjuntak.

Seketika mandor langsung memerintahkan para pekerja untuk kumpul dan mendengarkan arahan dari Satgas Covid.

Didepan para pekerja, Iptu Tona S Simanjuntak menyampaikan arahan agar para pekerja segera di vaksin. “Kepada bapak bapak semua, sudah tau kan situasi pandemik sekarang ini. Untuk itu, dikarenakan bapak bapak sekalian belum di vaksin?, saya minta agar segera di vaksin. Karena Vaksin itu adalah program nasional. Disamping untuk kesehatan sendiri, juga untuk kepentingan bapak bapak bilamana bapak berpergian keluar, bapak sudah mengantongi kartu vaksinasi,” terang Iptu Tona S Simanjuntak.

BACA JUGA..  Edy Rahmayadi Apresiasi Dukungan Swasta Tangani Pandemi Covid-19

Kepada pak mandor, kata Iptu Tona Simanjuntak, koordinasikan kepada pimpinan kalian agar hari ini juga pekerja tersebut di lakukan vaksinasi. “Pak mandor, selesai makan siang, langsung bawa mereka ke Desa Huta Ginjang, sebab hari ini digelar vaksinasi di desa tersebut. Dan kordinasikan kepada pimpinan mu, agar selesai vaksin, para pekerja dibolehkan istirahat,” pinta Iptu Tona Simanjuntak, seraya meminta kepada kepala Desa Simbolon Purba, Ciko Yando Malau untuk pendampingan vaksinasi para pekerja.

BACA JUGA..  Dolly Pasaribu Pulihkan Ekonomi Tapanuli Selatan Lewat Sektor Pertanian

Pantauan wartawan, Proyek Pengendalian Daya Rusak Sungai Binanga Singuluan, merupakan proyek kementrian PUPR Dirjen Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumatera II, dengan pagu Rp. 13.801.535.000 (Tiga belas miliar delapan ratus satu juta lima ratus tiga puluh lima ribu rupiah), dan PT. YOGI LESTARI, sebagai penyedia jasa.

Selain belum divaksin, para pekerja proyek berasal dari luar kabupaten Samosir, juga pekerja terlihat tidak menggunakan K3 (Keselamatan, dan Kesehatan Kerja) sesuai undang undang No. 1/1970 dan No. 23/1992. (gib)

EPAPER