HUT NAGAN RAYA

Peduli Lingkungan, Ryan Novandi Tanam Mangrove di Bibir Pantai

oleh -139 views

POSMETROMEDAN.com – Balon Wabup Serdangbedagai (Sergai), Tengku Muhammad Ryan Novandi (Trendi) menanam bibit pohon (mangrove) di pinggir bibir pantai laut Sergai, Minggu (23/8/2020).

Hal itu dilakukannya sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Penanaman pohon mangrove ini dilakukan bersama warga dan nelayan dari Aliansi Nelayan Bersatu (ANB) di Desa Sei Nagalawan, Kecamatan Perbaungan.

Disela-sela penanaman pohon manggrove tersebut, TM Ryan Novandi mengatakan, pohon mangrove ini merupakan penghasil oksigen.

“Gunanya untuk mencegah terjadinya abrasi di area pinggir bibir pantai,” ujar Ryan.

Pohon mangrove bermanfaat sebagai tempat hidup hewan, seperti burung.

BACA JUGA..  23 September, KPU Medan Tetapkan Pasangan Calon Walikota

“Banyak lagi keunggulannya, jadi ayo kita lestarikan,” kata Ryan yang berpasangan dengan Bupati Petahana Soekirman.

Menurut Ryan, ekologi pohon mangrove banyak menopang kehidupan makhluk hidup laut, darat maupun bibir pantai sekitarnya.

“Pohon mangrove ini penting, harus kita jaga dan lestarikan untuk keberlanjutan kehidupan,” sebut Ryan.

“Selain itu, banyak lagi keunggulannya. Jadi ayo kita lestarikan,” sambung anak sulung mantan Gubsu, Tengku Erry Nuradi ini.

Untuk itu, kedepannya potensi wisata dan pengelolaan ekosistem mangrove akan lebih ditingkatkan dan digali potensinya secara terstruktur dan sistematis.

“Ke depan kita akan buat mekanisme pengelolaan mangrove di Sergai ini, harus terukur, tersistem, agar berkelanjutan dan tentu dengan segala potensinya akan menambah PAD Sergai yang kita cintai ini,” tutur Ryan.

BACA JUGA..  KPU Medan Umumkan DPS Pilkada Serentak di Kelurahan

Ketua ANB, Sutrisno mengatakan kehadiran balon Wabup Sergai TM Ryan Novandi merupakan berkah bagi masyarakat sekitar Desa Naga Lawan.

“Karena anak muda seperti Ryan yang maju dalam kontestasi politik di Sergai sangat diapresiasi,” tegas Sutrisno yang juga menjabat sebagai Ketua Puja Kesuma Sergai.

“Beliau mau peduli dan bertujuan meningkatkan potensi mangrove, baik dari segi ekonomi dan pariwisata,” sambungnya.

BACA JUGA..  Hinca Panjaitan Ingatkan ASN & TNI-Polri Netral di Pilkada Medan

Menurut Sutrisno, ekosistem manggrove sangat penting untuk menopang kehidupan di wilayah pesisir.

“Karena mangrove ini bukan hanya menghasilkan oksigen, di bawahnya jadi tempat pemijahan ikan,” kata Sutrisno.

Pemijahan adalah proses pengeluaran sel telur induk betina dan sperma oleh induk jantan yang kemudian di ikuti dengan perkawinan.

Usai acara, terlihat antusias masyarakat untuk berswafoto dengan TM Ryan Novandi yang mengenakan kaos putih dipadu celana jeans tersebut.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Mangrove Muara Baimbai Irwan Syahril, sekretaris dan pengurus ANB dan puluhan anak muda serta para undangan lainnya. (sal)