HUT NAGAN RAYA

Kesehatan Warga Dua Kampung di Papua Diperhatikan Satgas Pamtas Yonif Raider 100/PS

oleh -1.098 views

POSMETROMEDAN.com-Dalam menjaga kesehatan warga, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 100/Prajurit Setia (PS) memberikan pelayanan kesehatan di Kampung Wembi, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, Jumat (21/8/2020).

Komandan Pos (Danpos) Wembi Sertu Indra Susanto mengatakan, warga kampung Wembi sangat antusias dengan pengobatan yang dilakukan oleh anggota kesehatan Satgas Pamtas Yonif Raider 100/PS.

“Selain hadir untuk berobat warga juga datang untuk berkomunikasi dan bertegur sapa dengan anggota,” kata Sertu Indra.

Sementara itu, salah seorang warga bernama Susana (32) yang mengalami sesak nafas, batuk dan pilek telah mendapatkan pengobatan dari tim kesehatan Pos Wembi.

BACA JUGA..  Hinca Panjaitan Ingatkan ASN & TNI-Polri Netral di Pilkada Medan

“Terima kasih telah peduli kepada kami warga perbatasan yang sudah memberikan pengobatan. Semoga Tuhan YME memberikan balasan kepada Bapak TNI,” katanya.

Keesokan harinya, Satgas Pamtas Yonif Raider 100/PS Pos Karang memberikan pelayanan kesehatan gratis. Para prajurit menyambangi rumah masyarakat Kampung Yabanda, Kecamatan Yaffi, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua.

Sebab selama ini masyarakat Kampung Yabanda, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom sangat jauh dari perhatian dan terisolir. Fasilitas kesehatan di kampung itu juga kurang.

“Dalam kesempatan ini kami akan memberikan yang terbaik pada kesehatan masyarakat Yabanda, beberapa masyarakat/suku terasing yang terisolasi,” tutur Komandan Pos Karang Sertu Irwan Surbakti.

BACA JUGA..  Banyak Untung, Booking Servis Honda Jadi Tren 

Kegiatan ini merupakan kegiatan kemanusiaan untuk mendukung negara Indonesia dalam melindungi segenap bangsa dan masyarakatnya.

“Satgas Pamtas Raider 100/PS hadir dan berdiri paling depan untuk menyelamatkan masyarakat dalam keadaan emergency. Karena kondisi masyarakat yang terasing ini tidak pernah mendapat pelayanan,’’ pungkasnya.

Komandan Regu (Danru) Pos Karang, Serda Arswendi Siregar bersama 5 anggota kesehatan turun ke lapangan untuk memberikan pelayanan kesehatan.

Sementara itu, kehadiran tim kesehatan Pos Karang di Kampung Yabanda mendapatkan respon yang baik dari warga sekitar. Khususnya Kepala Kampung, Ruben Saurik.

BACA JUGA..  Tudingan LSM Gepmat SMKN 1 Kutacane Pungli Siswa Baru Tidak Benar

Ruben mengatakan, kegiatan tersebut secara langsung telah menciptakan jalinan komunikasi yang erat antara TNI dan masyarakat.

“Yang selama ini sudah baik dan akan menjadi lebih baik lagi,” ujar Ruben.

Terpisah, Dansatgas Yonif Raider 100/PS Mayor Inf Muhammad Zia Ulhaq menuturkan, kegiatan ini untuk menjaga kesehatan warga yang ada di sekitar tempat tugas. Terlebih di daerah perbatasan yang masih terbatasnya obat-obatan.

“Pengobatan tidak hanya dilakukan kepada warga yang dewasa saja, namun juga diberikan kepada anak-anak yang mengalami kendala pada kesehatan mereka,” sebut Dansatgas.(ril)