Akhyar Nasution Merapat ke PD, PDIP Lempar Sindiran

  • Whatsapp

POSMETROMEDAN- Partai Demokrat (PD) mengatakan Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution sudah bergabung dengan partai yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu. Akhyar disebut sudah punya kartu tanda anggota (KTA) Demokrat.

“Benar bahwa Akhyar Nasution telah menjadi kader Partai Demokrat. Beliau telah terdaftar memiliki kartu tanda anggota Partai Demokrat,” kata Sekretaris Bappilu Demokrat Kamhar Lakumani saat dimintai konfirmasi, Jumat (24/7/2020).

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan Akhyar telah menyatakan siap masuk ke Demokrat sejak bulan lalu. Hal itu, katanya, disampaikan Akhyar setelah diterima oleh Bappilu DPP Demokrat.

“Bulan lalu, setelah diterima Bappilu DPP Partai Demokrat, beliau menyatakan kesiapan masuk Partai Demokrat dan membuat kartu tanda anggota,” ucapnya.

Akhyar sebelumnya merupakan kader dan pengurus DPD PDIP Sumut. Menjelang Pilkada 2020, Akhyar mendaftar sebagai cawalkot Medan ke PDIP serta sejumlah partai lain, termasuk Demokrat. Di PDIP, Akhyar bersaing dengan sejumlah nama, salah satunya menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution, untuk mendapat dukungan maju di pilkada.

Demokrat diketahui telah mendukung Akhyar. Demokrat juga mengatakan telah sah berkoalisi dengan PKS. Namun belum ada penjelasan siapa pasangan Akhyar di Pilkada Medan nanti. Akhyar memang sempat datang ke DPW PKS Sumut setelah mendapat dukungan Demokrat.

Koalisi kedua partai ini memilik 11 kursi di DPRD, yakni Demokrat 4 kursi dan PKS punya 7 kursi. Jumlah tersebut telah memenuhi syarat minimal untuk mendaftarkan paslon ke KPU Medan.

Kembali soal pindahnya Akhyar ke Demokrat, Plt Ketua PDIP Sumut Djarot Saiful Hidayat mengaku belum mengetahui hal tersebut. Dia mengatakan Akhyar masih mengikuti rapat pleno DPD PDIP Sumut pada awal pekan ini.

“Saya belum tahu. Minggu malam kemarin masih ikut rapat pleno DPD dan Fraksi DPRD Sumut. Masih pakai seragam partai,” ucap Djarot.

Dia juga mengklaim belum ada surat pengunduran diri dari Akhyar yang diterimanya. Djarot pun menyindir Akhyar seolah pergi dari rumah tanpa pamit.

“Kalau info sudah pindah partai benar, saya ucapkan selamat menempati rumah baru dan terima kasih karena telah keluar rumah tanpa pamit,” ujar Djarot.(red)

Pos terkait