PERUMAHAN WEB

Pemkab Langkat Targetkan Peningkatan Implementasi SAKIP di 2024

oleh
Pj Bupati Langkat M Faisal Hasrimy saat berdialog dengan Kemenpan RB melalui zoom meeting, Senin (13/5/24) dari Ruang LCC Kantor Bupati Langkat. (Posmetro)

POSMETROMEDAN.com- Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di jajaran Pemkab Langkat di tahun 2023 mendapatkan predikat B dengan nilai 61,76.

Tahun 2024 ini, peningkatan menjadi hal yang harus dikejar, targetnya memperoleh predikat BB dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dengan nilai 70-80.

Dikatakan Pj Bupati Langkat M Faisal Hasrimy saat berdialog dengan Kemenpan RB melalui zoom meeting dari Ruang LCC Kantor Bupati Langkat, Senin (13/5/24).

BACA JUGA..  Update Stunting Dipaparkan Sekda Langkat di Rakor ILP

Dialog dilakukan bersama Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan I Kemenpan RB, diwakili oleh Dwi Slamet Riadi.

Pj Bupati Langkat mengatakan pencapaian target tersebut, perlu kordinasi dan konsultasi kepada Menpan RB.

“Kami berharap nantinya lewat dialog ini muncul rekomendasi pendorong peningkatan SAKIP di Pemerintah Kabupaten Langkat,” harapnya.

Ia memaparkan usaha dalam peningkatan SAKIP di Pemkab Langkat sudah dilaksanakan dengan berbagai upaya. Di antaranya evaluasi capaian kinerja dan target kepala OPD setiap minggu dan membuat inovasi setiap bulan.

BACA JUGA..  Pejabat Wali Kota Tebing Tinggi Pimpin Rapat Persiapan PPDB Online Tingkat SMP

“Evaluasi setiap capaian kerja yang sudah dilaksanakan selama satu minggu terus kami laksanakan, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja ke depan,” ungkapnya.

“Kami juga menekankan kepada JPT dan administrator wajib membuat satu inovasi setiap bulannya,” lanjutnya.

“Kami juga menekankan bagi yang tidak patuh, Tukin nya akan kami hold (tahan), karena Tukin merupakan reward yang diberikan atas kinerja,” tegasnya lagi.

BACA JUGA..  Sekda Langkat Amril Ikuti Rakor Pilkada Serentak Kemendagri

Faisal menegaskan pengukuran kinerja atas target akan dikawal secara berkala setiap bulan, dengan begitu diharapkan menguatkan komitmen para OPD untuk mencapai target kinerja yang dijanjikan.

Selanjutnya Pj Bupati Langkat membuka dialog kinerja dalam rangka optimalisasi implementasi SAKIP dan reformasi birokrasi di lingkungan Pemkab Langkat.(*)

Reporter: MA Santoso
Editor: Maranatha Tobing