PERUMAHAN WEB

Pj Kades Durian Launching Bank Sampah ‘Satu Rasa’

oleh
Penjabat (Pj) Kepala Desa Durian Kecamatan Pantai Labu Ny Susanti Supiadi me-launching Bank Sampah 'Satu Rasa' Desa Durian, Sabtu (30/3/2024) kemarin. (Demson Tambunan/Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Penjabat (Pj) Kepala Desa Durian Kecamatan Pantai Labu Ny Susanti Supiadi meresmikan Bank Sampah ‘Satu Rasa’ Desa Durian, Sabtu (30/3/2024) kemarin.

Launching atau peresmian Bank sampah ‘Satu Rasa’ Desa Durian ini diawali dengan gotong royong bersama kader PKK dan warga desa.

Pj Kepala Desa Ny Susanti Supiadi mengatakan peresmian atau pembukaan Bank Sampah ‘Satu Rasa’ ini merupakan program Pemerintahan Desa Durian.

Pembukaan Bank Sampah desa ini bertujuan mengajak warga desa mengumpulkan sampah di sekitar rumahnya yang bisa di daur ulang seperti Karton, plastik, kertas serta Cup Air mineral untuk di jual ke Bank Sampah yang di kelola desa, katanya.

BACA JUGA..  3 Rencana Pj Bupati Langkat Tanggulangin Penanganan Sementara Titi Besi

Pendirian Bank Sampah ini juga untuk mengajak warga desa agar berperilaku hidup bersih dan sehat dengan mengumpulkan sampah serta  memanfaatkan nya sebagai menambah penghasilan dengan menjual sampah ke bank Sampah desa, sebut Ny Susanti.

Pj Kades menambahkan nantinya setiap warga yang menyerahkan Sampah daur ulang nya pihak pengelola Bank sampah memberikan buku catatan atau buku tabungan yang mana buku itu gunanya untuk mencatat penjualan sampah warga.

Sesuai kesepakatan hasil penjualan sampah warga uangnya  bisa di ambil per triwulan, 6 bulan sekali atau setahun sekali, terang nya.

BACA JUGA..  Iduladha 1445 H, ASN Pemkab Langkat Bagikan 36 Sapi & MUI 70 Kambing

Selain itu bisa juga di ambil saat untuk keperluan sekolah anaknya .Sedangkan Jadwal buka Bank Sampah ‘Satu Rasa’ ‘Desa Durian setiap tanggal 15 dan 27 tiap bulan atau sebulan buka dua kali.

“Jadi kami selaku pemerintahan desa mengajak warga mengumpulkan sampah yang bisa di daur ulang sebanyak-banyak nya dan di jual ke Bank Sampah desa’ Kan lumayan selain lingkungan bersih bisa juga dapat uang,” bilangnya.

Seusai Launching, Pj Kades melakukan Sosialisasi door to door ke rumah warga tentang pembukaan Bank sampah desa dengan menghimbau  warga jangan membakar sampah lebih baik di jual ke Bank Sampah desa.

BACA JUGA..  Minta Cerai, Pria di Dairi Hajar Istri

Dikesempatan sosialisasi itu Pj Kades juga membeli minyak makan yang sudah terpakai (minyak jelantah) dari warga dengan harga Rp 4000 per liter, yang nantinya akan dibuat inovasi desa membuat lilin dari minyak jelantah.

Hadir pada Launching itu Sekretaris Desa Surya, Para kepala dusun , Kader PKK, Kader Posyandu serta pengurus Bank Sampah’ Satu Rasa’ Desa Durian. (*)

Reporter: Demson Tambunan
Editor: Maranatha Tobing