Lihat Progres Penataan Kawasan Atasi Kemiskinan, Bobby dan Menko PMK Tinjau Belawan Bahari

oleh
Wali Kota Bobby Nasution bersama Menko PMK RI Muhadjir Effendi meninjau Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Sabtu (17/2). (Kominfo for Posmetromedan.com)

Posmetromedan.comWali Kota Medan Bobby Nasution bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) RI Muhadjir Effendi meninjau Kelurahan Belawan Bahari, Kecamatan Medan Belawan, Sabtu (17/2).

Peninjauan ini dilakukan dalam rangka melihat penataan kawasan sebagai upaya penanganan kemiskinan ekstrem di kawasan tersebut melalui pendekatan lingkungan.

Kehadiran Bobby Nasution, Menko PMK beserta Pj Gubsu Hasanuddin  unsur Forkopimda Sumatera Utara dan Kota Medan dan pimpinan stakeholder terkait lainnya disambut penuh antusias  masyarakat sekitar. Diharapkan, penataan yang dilakukan atas kolaborasi Pemko Medan bersama Kemenko PMK dan Kementerian terkait lainnya dapat menjadikan kehidupan masyarakat lebih baik dan sehat.

BACA JUGA..  Kunjungi Lapas I Medan, Stafsus Menkumham: Jangan Terima Pungutan Liar

Rona bahagia pun terpancar dari wajah Bobby Nasution. Sebab, harapan dan keinginannya untuk menata salah satu kawasan di wilayah paling utara Kota Medan tersebut terus menunjukkan kemajuan. Apalagi, Kelurahan Belawan Bahari juga menjadi langganan banjir rob yang kerap menerpa permukiman warga.

Penataan kawasan yang dilakukan meliputi sejumlah aspek di antaranya saluran drainase dan normalisasi drainase, konstruksi air bersih, tempat pengolahan sampah reduce-reuse-recycle (TPS3R). Kemudian, pengerjaan jalan paving block, vegetasi, lampu jalan, ruang terbuka hijau (RTH), penjemuran ikan, dan penataan rumah non eligible serta pembangunan prasarana pengendalian banjir rob.

BACA JUGA..  Sistim Pengelolaan Belum Dilaksanakan, DPRD Medan Minta Perda Sampah Perlu Dirubah

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan jika nantinya di kawasan tersebut akan dibangun tangki penampungan air bersih agar dapat dimanfaatkan masyarakat untuk kebutuhan sehari-hari. Di samping itu, lanjutnya, juga akan dilakukan perbaikan rumah masyarakat yang kondisinya tidak layak huni.

“Nanti akan kita perbaiki rumah-rumah yang tidak layak. Bahkan, juga akan dibangun rusun agar masyarakat kita di sini bisa hidup lebih baik, lingkungan lebih sehat dan nyaman. Pesan kami, kalau nanti ini sudah selesai, mohon dijaga dan dirawat serta dipelihara kebersihannya,” kata Muhadjir.

BACA JUGA..  Pemko Gelar Pelatihan Kompotensi Pengadaan Barang/Jasa Level-1

Usai peninjauan, Bobby Nasution dan Menko PMK juga menyerahkan bantuan pangan cadangan pangan pemerintah (BPCPP) untuk Bulan Februari bagi masyarakat penerima manfaat di halaman Kantor Kelurahan Belawan Bahari. Dengan ramah, Bobby Nasution menyahuti setiap sapaan masyarakat yang ditujukan padanya seraya melihat layanan posyandu lansia. (*)

Reporter: Ali Amrizal
Editor: Maranatha Tobing