PERUMAHAN WEB

Wali Kota Sibolga Jamal Kunjungi Vihara Avalokitesvara Yang Terbakar

oleh
Wali Kota Jamaluddin Pohan dan Wakil Wali Kota Pantas Maruba Lumbantobing mengunjungi Vihara Avalokitesvara Sibolga yang terbakar.(ist/Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Wali Kota Sibolga, Jamaluddin Pohan bersama Wakil Wali Kota, Pantas Maruba Lumbantobing kuncungi Vihara Avalokitesvara Sibolga yang terbakar, Selasa (19/9/2023).

Wali Kota mengaku prihatin dengan musibah kebakaran yang menimpa rumah ibadah umat Budha di Sibolga itu.

Pihaknya siap berkoordinasi dengan pengurus yayasan apabila membutuhkan bantuan dari Pemko Sibolga nantinya.

Wali Kota Jamaluddin mengimbau kepada warganya untuk tetap waspada dan siaga terhadap bencana. Jangan gunakan peralatan elektronik melampaui batas masa pakai.

BACA JUGA..  Mobil Kecelakaan, 130 Bal Ganja Disita Polsek Pulau Raja Asahan

“Termasuk instalasi jaringan listrik di rumah, gunakanlah yang sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) sehingga masa pakainya lebih lama,” kata Jamaluddin Pohan.

Wali Kota,  menerima informasi Vihara Avalokitesvara Sibolga di Jalan S Parman, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sibolga Kota itu merupakan salah satu bangunan tua di Kota Sibolga.

“Gudang buku (perpustakaan) musnah dilahap si jago merah, termasuk alat-alat sembahyang, dan tempat sembahyang,” kata Ketua Yayasan Vihara Avalokitesvara Sibolga, Margono.

BACA JUGA..  Cegah Begal & Gemot, Polisi Patroli Kota

Namun, bangunan tua yang berusia ratusan tahun yang terdapat di dalam Vihara Avalokitesvara Sibolga seperti, konstruksi kayu dan genteng, selamat dari musibah kebakaran tersebut.

“Konstruksi kayu dan genteng itu diperkirakan berusia 165 tahun. Sumber api diduga kuat akibat korsleting listrik. Beruntung, api berhasil  dipadamkan sehingga tidak meluas,”kata Margono.

Ketua Himpunan Tjinta Teman (HTT) Sibolga, Andri Parlinggoman Sihombing (Alok) mengatakan, aktivitas ibadah umat Budha tidak terganggu karena masih ada bangunan lain di dalam komplek yayasan Vihara Avalokitesvara Sibolga yang bisa digunakan untuk tempat ibadah. (*)

BACA JUGA..  Tragis! Pengusaha Dibunuh Istri, Anak dan Kekasih

Reporter: Aris Barasa
Editor: Maranatha Tobing