Curah Hujan Tinggi, Air Meluap di Listrik Atas Berastagi

oleh
Kapolsekta Berastagi, Kompol L Marpaung bersama anggota ikut membersihkan lumpur di rumah warga akibat luapan air hujan. (Edi Tarigan/Posmetromedan)

POSMETROMEDAN.com – Curah hujan yang tinggi membuat air meluap di daerah Listrik Atas. Luapan air hujan sampai ke tikungan Jalan Jamin Ginting, Kelurahan TL. Mulgap I, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo.

Untuk mengantisipasi kemacetan arus lalulintas, personil Polsekta Berastagi dibawah komando Kapolsek Kompol L Marpaung, pun berada di lokasi, Kamis (17/3/2022).

Kondisi itu terjadi karena memang letak geografis Lingkungan Listrik Atas merupakan daerah kemiringan/rendah. Dimana aliran air dari Desa Jaranguda dan Jalan Kolam mengalir melalui Listrik Bawah dan sebahagian melalui Jalan Gundaling.

Tingginya volume air sehingga Parit/gorong-gorong yang menghubungkan Listrik Atas dengan Listrik Bawah tidak sanggup menampung sehingga terjadi luapan air.

Tidak ada korban jiwa dari kejadian tersebut. Namun akibat dari luapan air tersebut,  jalan pavin block Listrik Atas berantakan dan beberapa rumah warga mengalami kerusakan pada bagian dinding, serta lumpur masuk ke dalam rumah.

Personil Polsekta Berastagi di lapangan langsung melaksanakan pengaturan lalu lintas untuk mencegah terjadinya kemacetan akibat luapan air yang masuk ke jalan.

Pukul 15.00 WIB, luapan air tersebut telah berangsur surut seiring dengan berhentinya hujan.

Setelah luapan air surut, Personil Polsekta dan Personil Polres Tanah Karo bersama sama dengan masyarakat membersihkan lumpur yang masuk ke beberapa rumah warga dan material Pavin Block yang rusak menutup jalan Listrik Atas akibat luapan air sebelumnya.

Kapolsekta Berastagi yang berada di lokasi mengatakan, agar masyarakat lebih waspada dan berhati hati sehubungan cuaca ekstrim, khususnya masyarakat yang tinggal di dearah yang geografis nya miring/lereng, terangnya. (*)

Reporter: Edi Tarigan
Editor: Maranatha Tobing