PTAR Kolaborasi dengan UMTS Gelar E-Coaching Jam

oleh -835 views
General Manager Operations PTAR Rahmat Lubis saat memberikan sambutan pada acara E-Coaching Jam yang digelar PTAR berkolaborasi dengan UMTS Tapanuli Selatan. Dan (bawah) E-Coaching Jam virtual yang digelar PTAR bersama UMTS Tapanuli Selatan diikuti ratusan mahasiswa UMTS, Rabu (29/12). (PTAR for Posmetro Medan)

POSMETROMEDAN.com – PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe, kembali menyelenggarakan E-Coaching Jam (ECJ) 2021 dengan mengusung tema “Menjadi Adaptif Berpikir Kreatif” (Be Adaptive Think Creative). Kegiatan ini dilaksanakan bersama Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS) yang digelar secara virtual dan diikuti sekitar 200 mahasiswa UMTS, Rabu (29/12).

General Manager Operations PTAR, Rahmat Lubis dalam sambutannya menyatakan ini merupakan kolaborasi pertama dengan UMTS, dan sebuah kehormatan bagi PTAR dapat menyelenggarakan kegiatan E-Coaching Jam bekerjasama UMTS.

“ECJ adalah program rutin PTAR yang bertujuan membangun semangat dan kepercayaan diri mahasiswa dalam menghadapi era pembangunan dengan membekali pengetahuan praktis baru bagi mahasiswa. Untuk ECJ kali ini ada beberapa aspek materi yang diberikan untuk mahasiswa diantaranya seperti keterampilan berbicara, komunikasi digital, kesehatan dan keselamatan di tempat kerja serta kewirausahaan,” papar Rahmat.

Selain itu, lanjut Rahmat kegiatan ini diharapkan dapat semakin mempererat tali silaturahmi antara UMTS dengan PTAR.

Pada ECJ virtual yang ketiga kalinya digelar sepanjang tahun 2021 ini, PTAR menghadirkan pembicara dari profesional internal.  Empat perwakilan dari PTAR adalah Reni Nugrahika Radhan, Public Relations Manager yang berbagi pengetahuan tentang public speaking (komunikasi publik), Haris Juan Sihaloho, Occupational Safety and Health (OH&S) and Training Development Manager yang membawakan materi terkait keselamatan & kesehatan di tempat kerja, Ifan Farianda, Local Economic Development Superintendent yang berbagi tentang kewirausahaan dan Teresia Prahesti, Communications & Outreach Strategy Superintendent yang membawakan materi tentang digital media sosial.

BACA JUGA..  Miliki Senjata Rakitan RRS Diamankan Polres Tapsel

Wakil Rektor II UMTS, Putoro Dongoran, MH, mewakili Rektor UMTS Dra. Muhsana Pasaribu, MA menyatakan terima kasih kepada PTAR atas kegiatan ECJ yang kali ini melibatkan UMTS. “Kegiatan ECJ ini bisa membawa pencerahan kepada para mahasiswa UMTS, khususnya untuk meningkatkan bakat atau kreativitas mahasiswa dalam rangka masa depan mereka,” kata Putoro.

Putoro berharap kegiatan E-CJ kolaborasi PTAR dengan UMTS ini bisa dilaksanakan tidak hanya kali ini saja tetapi bisa berkelanjutan. “Karena acara seperti ini tentunya sangat bermanfaat bagi para mahasiswa kami,” ungkapnya.

Rivaldi Ilhami, salah seorang mahasiwa Semester 3 Jurusan Hukum di UMTS mengaku sangat antusias dengan acara ECJ ini. “Saya bisa belajar lebih jauh lagi tentang materi public speaking,” kata Rivaldi. Sementara Yuni Sarah Harahap, mahasiswi semester 5 Jurusan Pendidikan Ekonomi mengaku materi yang disampaikan para narasumber sangat menambah motivasinya dan menjadikannya lebih semangat menyongsong masa depan.

Senior Manager Corporate Communications PTAR, Katarina Siburian Hardono menyatakan meski masih di masa pandemic Covid-19, PTAR tetap berkomitmen untuk menggelar program ECJ di tahun 2021 ini. Katarina menjelaskan ECJ sebagai sebuah inisiatif program edukasi dan kolaborasi dari PTAR yang dilaksanakan online maupun tatap muka antara para mahasiswa dengan banyak praktisi/ahli pertambangan dari Tambang Emas Martabe dengan beragam bidang.

BACA JUGA..  Resahkan Masyarakat, Warung Remang di Sayur Matinggi Disweeping

Sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014, ECJ telah berhasil menjembatani diskusi lebih dari 45 ahli pertambangan serta lebih dari 3.500 orang mahasiswa di seluruh Indonesia, di antaranya dari ITB Bandung, ITM Medan, UGM, UNDIP, UPN Yogyakarta, UNSOED, USU Medan, UNSYIAH ACEH, UNISBA Bandung, UNSRI Palembang, dll.

“Program E-Coaching Jam bahkan ini telah mendapatkan penghargaan CSR Indonesia Awards pada 2019 dan tahun 2021,” ungkap Katarina.

Katarina menambahkan, program ECJ kali ini diharapkan dapat menambah wawasan para mahasiswa khususnya di bidang komunikasi, kesehatan dan keselamatan, kewirausahaan serta dunia digital. “Harapan kami, materi yang disampaikan, mampu melengkapi ilmu pengetahuan yang sudah adik-adik mahasiswa UMTS dapatkan di dunia pendidikan dan memberikan inspirasi serta semangat baru untuk para mahasiswa,” tandas Katarina.

Sekilas Tambang Emas Martabe

Tambang Emas Martabe dikelola dan dioperasikan oleh PT Agincourt Resources. Wilayah tambang mencakup area 30 km² yang berada dalam Kontrak Karya (KK) generasi keenam dengan total luas wilayah 1.303 km². Tambang Emas Martabe terletak di sisi barat pulau Sumatera, Kecamatan Batang Toru, Provinsi Sumatera Utara.

BACA JUGA..  Pasca Disweeping, Polisi Mediasi Pemilik Warung Remang dan Warga

Tambang Emas Martabe mulai berproduksi penuh pada 24 Juli 2012 dan memiliki basis sumber daya per tanggal 30 Juni 2020 adalah 7,6 juta ounce emas dan 66 juta ounce perak. Kapasitas operasi Tambang Emas Martabe adalah lebih dari 6 juta ton bijih per tahun untuk memproduksi lebih dari 300.000 ounce emas dan 2-3 juta ounce perak per tahun. PT Agincourt Resources melibatkan lebih dari 3.000 karyawan dan kontraktor, sekitar 99% di antaranya adalah warga negara Indonesia, dan lebih dari 70% berasal dari desa setempat.

PT Danusa Tambang Nusantara (PTDTN), adalah pemegang saham 95% dari PT Agincourt Resources. PTDTN merupakan anak usaha dari PT United Tractors Tbk. 60% dan PT Pamapersada Nusantara 40%, sekaligus merupakan bagian dari grup usaha PT Astra International Tbk. Kepemilikan saham 5% dimiliki  Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dan Provinsi Sumatera Utara. (*)

Reporter: Maranatha Tobing
Editor: Ali Amrizal

 

EPAPER