Pesantren Darul Mursyid Juara Umum KSN SMP Tapsel 2021 

oleh -170 views
Dari kiri-kanan; Ahmad Syafii, Fadhly Fahlevi Muhammad, Ihsan Riski Siregar, Lisa Andriyani, Khairuman Sastranegara, Andika Prama Yupdi, Hutri Sapta Hadi merupakan tim KSN jenjang SMP utusan Pesantren Darul Mursyid yang akan bertanding di KSN tingkat Provinsi. (amran pohan)

POSMETROMEDAN.com – Pesantren Darul Mursyid (PDM) berhasil meraih juara umum dalam KSN SMP tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) tahun 2021.

Untuk kesekian kali, Pesantren Modern Unggulan Terpadu PDM di Sidapdap Simanosor, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH),  Tapsel itu mengukir prestasi membanggakan.

Kepala Divisi Pembinaan Kejuaraan Sains PDM, Darwis Simbolon mengatakan, Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMP adalah salah satu bentuk kegiatan yang digagas oleh Direktorat Pembinaan SMP, untuk memberikan penguatan pendidikan karakter di Sekolah Menengah Pertama.

“OSN ini bertujuan untuk memotivasi dan menumbuhkembangkan atmosfir cinta pelajaran sains dan kompetisi dari tingkat Sekolah, Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional. Olimpiade ini fokus pada 3 (tiga) bidang yaitu Matematika, IPA dan IPS,” ungkapnya.

BACA JUGA..  Guru Darul Mursyid Raih Prestasi di OGPN 2021

Karena itu, Darul Mursyid sebagai pesantren sains sekaligus yang mewakili Kabupaten Tapanuli Selatan, merasa bertanggung jawab untuk mengikuti kompetensi sains yang bergengsi ini. Olimpiade ini dilaksanakan secara daring dari Jakarta pada tanggal 14-15 September 2021, dan diikuti oleh ribuan sekolah yang ada di Indonesia.

“Alhamdulillah setelah diumumkan dari situs resmi OSN tingkat SMP melalui laman http//: pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id, 3 bidang studi OSN SMP tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan, berhasil diborong oleh Santri Darul Mursyid,” ucapnya seraya merincikan, adapun hasilnya untuk bidang Matematika, PDM berhasil memborong semua kejuaraan.

Juara 1 atas nama Fadli Fahlevi Muhammad, juara 2 atas nama Hutri Sapta Hadi Siregar, juara 3 atas nama Khairuman Sastra Negara. Demikian juga pada bidang study IPA, PDM juga memborong 3 juara sekaligus. Juara 1 atas nama Ahmad Syafii, juara 2 atas nama Lisa Andriani Tanjung, juara 3 Andika Prama Yudi.

BACA JUGA..  Pendataan Keluarga di Langkat Dilakukan dengan Metode Sensus

“Sedangkan pada bidang IPS, santri kami meraih juara 2 atas nama Ihsan Rizki Siregar,” pungkasnya.
Hal serupa juga diutarakan Drs Yusri Lubis selaku Direktur Pesantren Darul Mursyid.

“Alhamdulillah, santri PDM selalu mendominasi pada setiap kejuaraan KSN, baik di tingkat kabupaten, provinsi sampai ke tingkat nasional. Hal ini tentunya wujud dan kerja sama yang baik antara peserta didik dengan guru, karyawan dan para pembinanya sehingga tahun demi tahun prestasi kita terus bertambah. Maju terus PDM, Insya Allah kita akan terus berjuang demi kajayaan Islam. Kita doakan semoga santri kita nanti terus melaju ke tingkat Nasional,” ungkapnya.

BACA JUGA..  Karang Taruna Lau Tepu Simalem Bantu Korban Kebakaran di Langkat

Terpisah, Ja’far Syahbudin Ritonga sebagai Ketua Umum Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga (YASPENHIR), juga memberi apresiasi sekaligus motivasi atas prestasi anak asuhnya.
“Selamat untuk para santri kami yang telah meraih juara umum KSN Kabupaten Tapanuli Selatan. Ini adalah prestasi yang dihasilkan atas kerja sama yang baik. Namun, bukan berarti kita sudah puas, masih banyak lagi tugas PDM ke depan untuk meraih prestasi yang lebih banyak lagi. Kita harus lebih siap untuk memberikan pendampingan intensif menuju Nasional.

Semoga dengan prestasi ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan agama yang diintegrasikan dengan pelajaran umum,” tutup alumni S3 USM Malaysia itu. (ran)

EPAPER