Di Bali Juga Ada Jamur Berasap, Diyakini Bawah Keberuntungan

oleh -156 views

POSMETROMEDAN.COMBeberapa tahun silam, jamur berasap juga pernah terjadi di Pulau Bali. Keberadaannya sempat menghebohkan warga sekitar.

Bahkan warga mempercayai jamur tersebut membawa keberuntungan. Mereka berdoa di bawah jamur itu sembari menghaturkan sesari.

Jamur itu tumbuh di dahan pohon mangga di halaman rumah Nyoman Sukanada (65), Dusun Buana Sari, Desa Kayuputih, Buleleng, Bali.

Sukanada mengatakan, jamur itu sudah tumbuh lebih dari sebulan lalu. Awalnya jamur itu tumbuh kecil dengan warna putih.

Namun, jamur itu terus tumbuh besar dari hari ke hari. Warnanya pun berubah menjadi kecoklatan.

BACA JUGA..  Duda Parmitu Meninggal Dunia di Dalam Sumur

Sukanada mengaku terkejut ketika melihat jamur itu mengeluarkan kepulan asap putih sejak 26 hari lalu.

Merasa penasaran, ia memperhatikannya terus. Ternyata asap terus saja keluar dari jamur itu.

“Setelah berubah warna dari putih ke coklat itu mulai keluar asap putih terus-menerus seperti merokok, asapnya tidak pernah berhenti,” ujarnya, Rabu (2/11/2016).

Peternak ini tidak mendapat firasat apa pun sesaat sebelum jamur itu mengeluarkan asap.

BACA JUGA..  Disambar Api Kompor, Rumah Pengecer Bensin Terbakar

Namun malam harinya setelah melihat jamur itu, ia bersama istrinya, Ni Made Kendri (60) melihat cahaya di pekarang rumahnya saat mereka duduk di teras rumah.

“Tiba-tiba ada sinar muncul di pekarangan malam itu, seperti lampu senter terang putih, saya lihat tidak ada orang, setelah itu sinarnya hilang,” katanya.

Kemunculan jamur berasap di pohon mangga miliknya membuat heboh warga sekitar. Mereka berduyun datang sekadar menghilangkan rasa penasaran.

Sebagian di antaranya mempercayai jamur itu dapat membawa keberuntungan. Mereka berdoa di bawah jamur itu sembari menghaturkan sesari.

BACA JUGA..  Duduk di Perlintasan, Warga Sei Bamban Tewas Disambar Kreta Api

Menurut dia, asap biasanya keluar secara tebal ketika usai turun hujan. Sukanada dan Kendri berencana akan mengupacarai jamur itu saat bulan purnama.

Selanjutnya setelah tidak lagi keluar asap, keduanya akan mengambil jamur itu untuk selanjutnya disimpan di kamar suci karena dipercaya sebagai paica. (*)

Berita ini dilansir dari bali.tribunnews.com berjudul Jamur Ajaib Keluarkan Kepulan Asap Diyakini Bawa Keberuntungan, Warga Datang Haturkan Sesari.

EPAPER