Kebakaran di Jalan Japaris; 1 Tewas, Belasan Sepedamotor Hangus

oleh -568 views
CEK TKP : Petugas Reskrim Polsek Medan Area mengecek sepedamotor yang ikut terbakar di dalam ruko.(MANGAMPU SORMIN/POSMETRO MEDAN)

EPAPER

POSMETROMEDAN.comKebakaran yang terjadi  di Jalan Rahmadsyah/Japaris, Kelurahan Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, sejak Rabu (14/4) malam hingga Kamis (15/4) dinihari menewaskan seorang nenek.

Korban tewas Lamoli (80) dalam kebakaran tersebut, baru bisa dievakuasi sekitar 12 jam, pasca kebakaran, Kamis (15/4) pagi sekitar pukul 08:21 WIB.

Informasi dihimpun wartawan, dalam proses evakuasi tersebut petugas pemadam kebakaran menggunakan crane (mobil tangga) untuk meringsek masuk ke lantai tiga ruko.

“Korban jiwa satu orang untuk sementara ini, sudah dievakuasi,” kata Manajer Pusdalops BPBD Medan Nurly kepada wartawan.

Ia belum dapat memastikan apakah ada korban jiwa lain atau tidak, yang berada di dalam ruko. Korban tewas yang telah dievakuasi, dikabarkan seorang wanita berusia 80 tahun.

BACA JUGA..  Diduga Frustasi, Boru Pasaribu Terjun ke Laut, Jasadnya Terapung

Saat kobaran api menyelimuti seluruh bangunan, korban tidak dapat melarikan diri dan terjebak di ruko lantai 3.

Untuk mengevakuasi korban tidak mudah, petugas harus menerobos panasnya api yang 12 jam tak padam juga.

Nurly mengatakan, hingga pagi tadi sekitar pukul 09.20 WIB, petugas pemadam kebakaran masih melakukan pendinginan di lokasi.

“Objek yang terbakar 5 unit Ruko bagian lantai 1,2,3,dan 4,” jelas Nurly.

Kapolsek Medan Area Kompol Faidir Chan menjelaskan, pemilik ruko atas nama : Akuang (48) warga Jalan Rahmadsyah no. 315, no. 317 dan no. 317a.

BACA JUGA..  Isi Bensin Eceran Saat Masak, Mertua, Mantu & Cucu Melepuh

Kemudian Ayong (45) warga Jalan Rahmadsyah pemilik ruko no. 311 dan  no. 313.

“Satu orang tewas dalam peristiwa itu, kerugian belum dapat ditaksir. Sedangkan asal api masih dalam penyelidikan,” jelasnya.

Faidir juga menjelaskan ada belasan sepedamotor yang ikut terbakar di lokasi ruko yang merangkap penjualan sparepart kendaraan.

Dalam peristiwa ini, Polsek Medan Area audah melakukan pemeriksaan terhadap tiga orang saksi

Faidir menjelaskan, sulitnya api di padamkan dikarenakan banyak nya bahan yang sulit di padamkan sehingga api sempat membesar kembali hingga Kamis (15/4) dinihari sekira pukul 02.25 WIB baru bisa dipadamkan.

BACA JUGA..  Malam Takbir Berujung Duka, Warga Tebingtinggi Nekat Gantung Diri

Sebelumnya diberitakan, kebakaran hebat melanda 5 unit rumah toko (Ruko) di Jalan Rahmadsyah/Japaris, Gang Setia Budi, Lingkungan XX, Kelurahan Kota Matsum I, Kecamatan Medan Area, Rabu (14/4) malam sekira pukul 19:46 WIB.

Kebakaran terjadi saat hujan deras sedang melanda Kota Medan. Selanjutnya api pun dengan cepat membesar dan membakar kelima ruko masing-masing di bagian lantai 1, 2, 3 dan 4.

Petugas dari Dinas Pencegahan dan Pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan yang mendapat laporan kebakaran ini langsung menerjunkan sejumlah armadanya ke lokasi kejadian.(sor)

 

 

 

 

EPAPER