Besok, Ruas Tol Tanjung Mulia-Marelan Bisa Dilalui

oleh -137 views

EPAPER

POSMETROMEDAN.com-Mulai Kamis (11/3/2021), PT Hutama Karya akan mengoperasikan ruas tol Medan-Binjai Seksi 1 (Tanjung Mulia-Marelan-Helvetia) Segmen Tanjung Mulia-Marelan sepanjang 4,2 kilometer mulai pukul 07.00 WIB.

Itu dikatakan Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPJT) Hutama Karya J. Aries Dewantoro.

“Ruas tol tersebut sebelumnya telah dilakukan uji laik fungsi (ULF) pada 14 hingga 15 Desember 2020 dengan hasil yang cukup baik,” ujar Aries seperti dilansir dari bisniscom.

BACA JUGA..  Wali Kota Ingin Bentuk Masjid Yang Mandiri di Medan

Selain itu, Hutama Karya juga telah mendapatkan surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 260/KPTS/M/2021 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Medan-Binjai Seksi 1 (Tanjung Mulia-Helvetia) Segmen Junction Tanjung Mulia-Marelan.

Setelah mengantongi izin pengoperasian dari Menteri PUPR, lanjut dia, barulah Hutama Karya secara resmi membuka untuk umum jalan tol Medan-Binjai Seksi 1 Segmen Junction Tanjung Mulia-Marelan tersebut.

Sebelumnya, jalan tol Medan-Binjai Seksi 1 Segmen Marelan-Helvetia sepanjang 2,75 kilometer telah lebih dulu dioperasikan sejak 6 Mei 2019 sesuai Keputusan Menteri PUPR Nomor 428/KPTS/M/2019 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Medan-Binjai Segmen Marelan-Helvetia.

BACA JUGA..  Sambut Ramadan 1442 H, KNPI Medan Denai Serahkan Bansos kepada Anak Yatim & Duafa

“Kami berharap dengan dioperasikan Segmen Junction Tanjung Mulia-Marelan dapat mempermudah akses pengguna jalan tol yang ingin melintas di jalan tol Medan-Binjai,” katanya.

Sementara itu, GM Tol Belmera Rudi Hasudungan S. Pardede mengatakan bahwa dengan beroperasinya ruas tol Medan-Binjai Seksi 1 (Tanjung Mulia-Marelan-Helvetia) Segmen Tanjung Mulia-Marelan tersebut, beban layanan di Gerbang Tol Tanjung Mulia akan berkurang.

BACA JUGA..  Kinerja Kadis Pariwisata Medan Buruk, Minim Inovasi dan Kolaborasi

“Artinya banyak kendaraan yang teralihkan ke Binjai. Gerbang tol Tanjung Mulia tidak akan sepadat seperti biasanya,” katanya.

Dengan mulai dioperasikannya tol Medan-Binjai seksi 1 Tanjung Mulia-Helvetia Segmen Junction Tanjung Mulia-Marelan tersebut tentunya juga diharapkan layanan kepada masyarakat semakin baik.

“Layanan yang maksimal memang sudah seharusnya diberikan kepada pengendara. Kepada masyarakat juga kita harapkan dukungannya,” katanya.(bsc)

EPAPER