PERUMAHAN WEB

Ini Komponen Motor yang Wajib Mendapat Perawatan Berkala

oleh
Seorang mekanik AHASS sedang melakukan service berkala pada sepeda motor pelanggan. (Indako for Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Untuk menjaga performa motor kebanggaan tetap prima, maka pengendara seharusnya melakukan perawatan berkala kepada ahlinya. Karena tidak hanya sekadar melakukan perawatan, namun pastinya akan ada komponen pada motor yang masa pakainya telah habis hingga harus diganti dengan yang baru.

Jika komponen motor yang sudah tiba masa expired nya namun belum juga diganti, maka sepeda motor yang kerap digunakan untuk beraktivitas sehari-hari akan mengalami mogok hingga kerusakan fatal hanya karena kurangnya memperhatikan jadwal service rutin dan ganti spare part.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, bahwa perawatan rutin sepeda motor cukup penting untuk menjaga kesehatan kendaraan. Mengingat penggunaan kendaraan roda dua secara rutin dapat mengakibatkan performa mesin menurun, maka sebaiknya melakukan perawatan berkala dan penggantian komponen yang wajib diganti secara rutin.

BACA JUGA..  Dukung #cari_aman di Jalan, Pahami Fungsi Penting Lampu Sein

Menurut Erwin Chandra, apabila pengendara tidak mengganti komponen motor dalam jangka waktu tertentu, maka sejumlah hal tidak diinginkan akan terjadi selama berkendara, seperti halnya motor sulit dihidupkan, fungsi setiap komponen menjadi tergangu, hingga performa mesin yang tidak maksimal.

Instruktur Technical Honda ini menyebutkan, bahwa setidaknya ada sejumlah komponen atau spare part pada motor yang perlu diganti secara berkala seperti halnya oli mesin yang berperan sebagai pelumas kinerja di dalam mesin kendaraan, busi yang berfungsi untuk memantik api agar pembakaran mesin bekerja, berfungsi mengoperasikan sistem kelistrikan pada sepeda motor, dan lampu kendaraan yang keberadaannya memegang peran yang cukup vital.

BACA JUGA..  Honda Luncurkan All New Honda BeAT dengan Desain dan Fitur Keamanan Baru

Komponen penting pada motor lainnya yang harus diganti secara berkala yaitu rem. Maka jika sudah waktunya, segera ganti kampas rem dan kampas kopling yang berhubungan langsung dengan keselamatan pengendara. Selain itu bagian filter yang jika tidak diganti dapat menyebabkan suara bising pada saat kendaraan digunakan, dan ban yang merupakan suku cadang motor yang sangat penting, apalagi jika sepeda motor digunakan secara rutin di jalanan yang kondisinya kurang baik.

BACA JUGA..  Dukung #cari_aman di Jalan, Pahami Fungsi Penting Lampu Sein

Erwin Chandra mengungkapkan, untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan saat berkendara, tentunya harus didukung kondisi motor yang prima, di mana salah satu upayanya dengan mengganti komponen yang sudah sampai masa pakainya. Akan lebih baik lagi jika melakukan perawatan dan pengecekan kondisi komponen tersebut secara berkala bersama ahlinya di bengkel resmi AHASS. (rils/red)