Muzakarah Ketiga MUI Kota Binjai: Peningkatan Kualitas Perempuan Dalam Keluarga dan Masyarakat

oleh
Muzakarah Ketiga MUI Kota Binjai: Peningkatan Kualitas Perempuan Dalam Keluarga dan Masyarakat

POSMETRO – Ketua TP. PKK Kota Binjai Ny. Nurhayati Amir Hamzah menghadiri Muzakarah Ramadhan 1445 H yang diselenggarakan DP MUI Kota Binjai, bertempat di Halaman Kantor MUI, Jl. Olahraga, Kel. Timbang Langkat, Kec. Binjai Timur, Minggu (31/3). Turut hadir Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Binjai Ny. Ade Irma Irwansyah Nasution, Sekretaris TP PKK Kota Binjai Yushilda Usman, Kadis Kominfo Kota Binjai Sofyan Syahputra Siregar, pimpinan OPD Pemko Binjai, Ketua berbagai organisasi wanita, serta para peserta muzakarah.

Muzakarah kali ini sangat spesial dengan melibatkan perempuan, menghadirkan narasumber Dr. Hj. Nur Aisah Simamora, Lc, MA dari Komisi Perempuan MUI Provinsi Sumut, dengan tema “Peningkatan Kualitas Perempuan Dalam Keluarga dan Masyarakat.

Dipimpin moderator Ketua Komisi Perempuan MUI Kota Binjai Ny. Ernni Rita didampingi notulen Dr. Dahrani Kamil dan Nurdiana, narasumber Nur Aisah Simamora menjelaskan berbagai landasan normatif perempuan berkualitas dalam keluarga dan masyarakat. Baik standar perempuan berkualitas yaitu Qanitat yang bermakna perempuan yang istiqomah, teguh pendirian dan senantiasa berada di jalan Allah.

Dr. Nur Aisah Simamora juga menjelaskan permasalahan dari fenomena perempuan Indonesia yang kekinian, kontradiktif dengan standar Al-Quran. Beliau menyimpulkan kualitas perempuan dinilai dari seberapa besar penjiwaannya kepada peraturan Rabbnya, kepatuhan pada suaminya dan generasi yang dididik dirumah.

Sekretaris Umum DP MUI Kota Binjai H. Jafar Sidik menyebutkan muzakarah ketiga ini begitu istimewa. “Pelaksanaan muzakarah ini sudah berlangsung selama 10 tahun, dan ini merupakan muzakarah yang istimewa sebab menghadirkan narasumber perempuan. Hal ini tentunya untuk memenuhi permintaan kaum perempuan yang selalu aktif hadir dalam kegiatan muzakarah,” ujarnya.

Muzakarah ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran perempuan dalam memerankan peran utama yang menghantarkan menjadi hamba yang diridhoi Allah..(*)

reporter: ryan
editor: hiras