PWI & Diskominfo Langkat Kerjasama Pelatihan Jurnalistik

oleh
Para peserta antusias mengikuti pelatihan jurnalistik, Senin (13/11/23) di Hotel Grand Stabat. (Istimewa)

POSMETROMEDAN.com- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Langkat bekerjasama menggelar sosialisasi dan pelatihan jurnalistik.

Pelatihan ini diisi dua narasumber yakni Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik dan Wakil Pimpinan Redaksi koran Waspada, Sofyan Harahap yang juga Dewan Kehormatan PWI Sumut.

Diikuti puluhan peserta dari beberapa kalangan di antaranya ASN Pemkab Langkat, Pelajar, Mahasiswa dan masyarakat umum, di Hotel Grand Stabat, Senin (13/11/2023).

BACA JUGA..  SDN 1 Semadam Tidak Layak Dipakai, Kadis Dikbud Agara Dianggap Lalai

Digiat pelatihan, dialog interaktif saling tanyak jawab antara narasumber dan peserta menghidupkan suasana. Dipandu Rahmad Fadli Sirait (anggota PWI Langkat), dialog mengulas berbagai permasalahan terkait tugas dan fungsi jurnalistik.

Hadir Kadis Kominfo Langkat Syahmadi, Ketua PWI Langkat M Darwis Sinulingga, para pengurus dan anggota PWI Langkat.

Ketua Panitia, Sukardi F Bakara menjelaskan, pelatihan tujuannya mencerdaskan masyarakat terkait fungsi dan tugas seorang jurnalistik sebagai pilar keempat demokrasi.

BACA JUGA..  Kacabdisdik Apresiasi Kehadiran Pegawai di Hari Pertama Pasca Lebaran

“Harapannya, masyarakat tahu tentang dunia jurnalistik. Dari situ bisa membedakan mana berita hasil karya jurnalistik dan bukan. Sehingga dapat membedakan berita hoax. Terlebih saat mendekati pemilu,” ujarnya.

Sementara Kadis Kominfo mengatakan Jurnalis merupakan ujung tombak penyampaian informasi pembangunan di suatu daerah, agar masyarakat bisa mendapatkan informasi dengan mudah.

Saat ini media massa menjadi motor utama dalam memaparkan fakta dan kebenaran. Maka dari itu pentingnya pengetahuan tentang jurnalistik agar bisa membedakan mana fakta mana opini.

BACA JUGA..  Kacabdisdik Apresiasi Kehadiran Pegawai di Hari Pertama Pasca Lebaran

“Untuk itu kegiatan ini sangat penting dalam mendorong masyarakat untuk penyelenggaraan pemerintahan sehingga bisa tercipta pemerintah yang transparan,” sebutnya.

Ditambahkan Ketua PWI Langkat, dirinya ingin melalui kegiatan ini semua pihak bisa mendapatkan pencerahan terkait fungsi dan tugas jurnalistik bagi kemajuan pemerintahan.(*)

Reporter: MA Santoso
Editor: Mangampu Sormin