IKLAN SIBOLGA

BI Pematang Siantar Bagikan 7.700 Bibit Cabai Merah Kepada Warga Tanjungbalai

oleh
Kepala Bank Indonesia (BI) Pematang Siantar, Tengku Munandar bersama Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Tholib,S.Ag,MM membagikan gratis 7.700 pokok bibit cabai merah kepada warga di Kota Tanjungbalai. Selain bibit cabai merah, juga turut diserahkan 3.500 pokok bibit cabai rawit, 770 pokok bibit sawi hijau dan 770 pokok bibit tomat. (Ignatius Siagian/Posmetromedancom

POSMETROMEDAN.com – Dukung pencanangan Gerakan Tanam (Gertam) Cabai, Kepala Bank Indonesia (BI) Pematang Siantar, Tengku Munandar bersama Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Tholib,S.Ag,MM membagikan gratis 7.700 pokok bibit cabai merah kepada warga di Kota Tanjungbalai.

Selain bibit cabai merah, juga turut diserahkan 3.500 pokok bibit cabai rawit, 770 pokok bibit sawi hijau dan 770 pokok bibit tomat.

“Untuk mengendalikan laju inflasi khususnya di bidang pangan, Pemerintah telah menggalakkan gerakan menanam cabai serta tanaman pangan lainnya. Dalam gerakan ini, setiap rumah diharapkan menanam minimal lima tanaman cabai di pekarangan bersama tanaman kebutuhan pokok yang lain seperti cabai rawit dan sayur – sayuran.

EPAPER

“Dalam rangka mendukung program pemerintah tersebut, sebagai Ketua Tim Pengendali Inflasi Daerah di delapan daerah tingkat dua di Sumatera Utaraku, salah satunya adalah Kota Tanjungbalai, Bank Indonesia (BI) Pematang Siantar turut membagi – bagikan secara gratis bibit cabai merah dan bibit tanaman pangan lainnya. Bila setiap rumah sudah membudayakan menanam cabai dan tanaman pangan lainnya di pekarangan rumah maupun lahan – lahan kosong disekitar rumah, maka tahun depan tidak ada lagi masyarakat yang teriak-teriak harga cabai dan bahan pangan mahal,” ujar Tengku Munandar.

BACA JUGA..  Bupati Erik Dukung Penuh Pelaksanaan KKN MBKM USU di Labuhanbatu

Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Tholib,S.Ag,MM dalam kata sambutannya mengucapkan terima kasih kepada BI Pematang Siantar yang telah membagikan bibit tanaman pangan secara gratis kepada masyarakat di Kota Tanjungbalai,. Untuk itu, katanya, Pemko Tanjungbalai juga akan mengawal distribusi dari bibit cabai dan tanaman pangan tersebut sampai kepada masyarakat yang berhak menerima hingga tanaman tersebut berproduksi.

BACA JUGA..  Pasar Tradisional Labuhan Bilik Diresmikan Bupati Labuhanbatu

“Kita akan mengawal bibit tanaman tersebut sampai kepada masyarakat yang layak menerimanya hingga tanaman tersebut berproduksi. Hal itu penting dilakukan oleh dinas terkait, agar bibit tanaman pangan tersebut jangan sampai layu dan mati sebelum berproduksi akibat tidak dipelihara sebagaimana mestinya,” ujar Wali Kota Tanjungbalai, H Waris Tholib,S.Ag,MM.

H Waris juga menambahkan, sudah banyak program yang dilakukan oleh Pemko Tanjungbalai melalui dinas terkait  untuk meningkatkan produksi dalam upaya memenuhi swasembada pangan termasuk cabai. Di antarannya, imbuhnya, dengan menggalakkan Gerakan Bertanam Cabai di Pekarangan termasuk dengan memanfaatkan lahan tidur yang ada disekitar kediaman masing – masing.

BACA JUGA..  Honda Sport Motoshow Segarkan Dahaga Pecinta Sport Sumut

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolres Tanjungbalai, Dan Lanal Tanjungbalai Asahan, mewakili Dandim 0208/Asahan, Danki Brimob Tanjungbalai, Asisten II Setdakot Tanjungbalai, Kepala BPS Tanjungbalai, Plt.Kepala Dinas Peternakan dan Pangan Kota Tanjungbalai, Camat dan Lurah se Kota Tanjungbalai, ibu-ibu TP PKK Kota Tanjungbalai serta undangan lainnya. Penyerahan bibit tanaman holtikultura tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Camat Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai pada hari Jumat (24/11). (*)

Reporter: Ignatius Siagian
Editor: Maranatha Tobing