PERUMAHAN WEB

Syahrul Pasaribu Minta KAHMI Jadi Perekat Keberagaman Anak Bangsa

oleh
Penasehat KAHMI Sumut, H Syahrul M Pasaribu meminta KAHMI, jadi perekat keberagaman anak bangsa. Hal itu disampaikan dalam acara pelantikan Majelis Daerah (MD) KAHMI Kepulauan Nias periode 2022-2027 di Gunungsitoli pada Sabtu (3/9/2022) lalu. (Istimewa/Posmetromedan.com)

POSMETROMEDAN.com – Penasehat KAHMI Sumatera Utara, Syahrul M. Pasaribu menghadiri acara pelantikan Majelis Daerah (MD) KAHMI Kepulauan Nias periode 2022-2027 di Gunungsitoli pada Sabtu (3/9/2022) lalu.

Dalam kesempatan itu, Syahrul Pasaribu mengatakan, bahwa segenap anggota keluarga besar Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), dimanapun berada, harus mampu menjadi perekat di tengah keberagaman anak bangsa.

“Soliditas dan Solidaritas anggota KAHMI, apapun jabatan dan professinya akan menjadi modal penting, untuk mendorong peran KAHMI sebagai perekat bangsa,” kata Syahrul.
Disampaikan, KAHMI sebagai wadah lanjutan anggota HMI (Himpunan Mahasiswa Islam/Organisasi Kemahasiswaan yang didirikan 5 Februari 1947 oleh putra Sipirok-Tapsel Prof. Lapran Pane), yang telah selesai mengikuti jenjang pendidikan perguruan tinggi, sudah banyak mewarnai keberhasilan perjalanan bangsa Indonesia seperti diperankan Akbar Tandjung Ketua Dewan Penasehat MN KAHMI, mantan Ketua DPR RI, serta H.M.Yusuf Kalla, Ketua Majelis Etik MN KAHMI mantan Wakil Presiden RI.

BACA JUGA..  Pj Gubernur Agus Fatoni Bersama Ribuan Masyarakat Ikut Rayakan Puncak Peringatan HUT Kabupaten Padanglawas ke-17

“Diharapkan keteladanan kedua tokoh bangsa ini, menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi adek-adek HMI, utamanya anggota KAHMI dalam aktifitas kehidupannya,” sebut Syahrul.

Lewat sambungan telepon kepada wartawan media ini, Senin (5/9/2022), Syahrul menyebut acara yang didahului Musyawarah Daerah (Musda) itu, dihadiri unsur Forkopimda dan pimpinan Ormas Islam serta OKP yang ada di Kabupaten Nias dan Kota Gunungsitoli.

BACA JUGA..  11 Koperasi Terbaik 2023 Terima Penghargaan Pj Bupati Langkat

“Pak Wali Kota Gunungsitoli diwakili Kadis Pariwisata, Kebudayaan dan Pemuda, ibu Nurkemala Gulo. Hadir juga Kapolres Nias, AKBP Lutfi SIK, mewakili Dandim 0213/Nias,” terang Syahrul Pasaribu.

Selain itu, hadir juga Ketua IPHI Gunungsitoli, BAZNAS, PC Nahdlatul Ulama,  PD Muhammadiyah, PD Al Wasliyah, PD Al Ittihadiyah, GP Ansor, Direktur Berkah Foundation, Pimpinan Rumah Berkah Foundation, Ketua GMKI dan GMNI Gunungsitoli

Sebelumnya, Ketua Caretaker KAHMI Nias-Gunungsitoli Reza Fachrumi Tahir melaporkan, bahwa Musda diikuti seluruh angggota KAHMI. Kemudian peserta bersepakat mengganti nama menjadi MD KAHMI Kepulauan Nias.

Mewakili Wali Kota,  Kadis Pariwisata Kebudayaan dan Pemuda Nurkemala Gulo mengatakan, Pemko Gunungsitoli sangat terbuka untuk bermitra dengan KAHMI Kepulauan Nias.

BACA JUGA..  Pj. Bupati Batu Bara Beri Bantuan Anak Yatim

Sementara Wakil Ketua Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah MW KAHMI Sumut, Alfian Hutauruk dalam sambutannya berharap, MD KAHMI mampu memberi distribusi pemikiran untuk Kepulauan Nias yang lebih maju.
Rosyadi Lubis Ketua terpilih KAHMI Kepulauan Nias yang juga Kakan Kemenag Kabupaten Nias itu menyatakan, prioritas awal kepengurusannya adalah meregistrasi seluruh anggota KAHMI yang ada di Kepulauan Nias.

Kemudian, sekaligus menyusun program kerja, yang dapat mendukung àktifitas anggota KAHMI dalam memberdayakan umat. Juga mendukung keberhasilan pembangunan kabupaten/kota di Kepulauan Nias. (*)

Reporter: Amran Pohan
Editor: Maranatha Tobing