Aceh Tenggara Siaga Bencana Banjir

oleh

POSMETROMEDAN.com – Cuaca buruk dan  tingginya curah hujan, dalam beberapa hari kedepan membuat Kabupaten Aceh Tenggara (Agar) akan siaga bencana banjir. Status ini berdasarkan data analisis diterima dari BMKG Provinsi Aceh.

“Masyarakat kita Imbau untuk tetap tenang dan waspada. Begitu juga untuk selalu Berbagi/bertukar informasi dengan tetangga sekitar rumah. Dan berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah,” Kata Nazmi Desky, kepada posmetromedan.com, Kamis  (19/8).

BACA JUGA..  Kacabdisdik Apresiasi Kehadiran Pegawai di Hari Pertama Pasca Lebaran

Dikatakan, untuk antispasi banjir susulan di Kabupaten Aceh Tenggara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menormalisasi dua titik aliran sungai, seperti, aliran Sungai Lawe Bulan, di Desa Kampung Melayu, Kecamatan Babussalam dan aliran Sungai Lawe Bulan, Desa Bambel, Kecamatan Bambel.

“Bajir melanda daerah ini sebelumnya disebabkan tanggul yang jebol di dua lokasi, dan kini telah kita turunkan alat berat untuk menutup kembali dan melakukan Normalisasi,” Kata  Nazmi Desky.

BACA JUGA..  Dosmar Banjarnahor Dinilai Layak Dinobatkan Bapak Pembangunan Humbahas

Diketahui, bencana banjir melanda 12 desa di Kabupaten Aceh Tenggara, Minggu (15/8).

Banjir disebabkan intensitas hujan yang tinggi hingga meluapnya aliran sungai, tersebar di beberapa kecamatan  Deleng Pokhkinson, Bambel, Babussalam dan Lawe Bulan.
Bencana alam inipun membuat 163 jiwa atau 44 Kepala Keluarga (KK) terdampak, serta 44 unit rumah warga tergenang dengan Tinggi Muka Air (TMA) hingga 60 sentimeter.

BACA JUGA..  SDN 1 Semadam Tidak Layak Dipakai, Kadis Dikbud Agara Dianggap Lalai

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah Provinsi Aceh, dalam rilisnya meperkiraan cuaca hingga tiga hari kedepan, Aceh Tenggara masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Dan mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, angin kencang dan tanah longsor. (val)