Kapolres Sergai Sosialisasi PPKM ke Kades dan Camat Pegajahan

oleh -167 views

POSMETROMEDAN.com – Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang, laksanakan sosialisasi PPKM Mikro Level 3 Kepada Kepala Desa/Lurah Se Kecamatan Perbaungan dan Kecamatan Pegajahan di Wisma Amertha Adolina Perbaungan, Jum’at (30/7) pukul 10.00 wib s/d selesai.

Maksud dan tujuan sosialiasi ini guna memperketat PPKM Skala mikro pada Desa/Lurah di Kabupaten Serdang Bedagai yang termasuk dalam PPKM Level 3.

Turut hadir dalam kegiatan ini Camat Pegajahan Syafruddin, Camat Perbaungan M. Fahmi, Danramil 07 Perbaungan Kapten Inf. Sucipto, Kapolsek Teluk Mengkudu AKP J. Sagala, Waka Polsek Perbaungan Iptu M. Ichsan, Waka Polsek Pantai Cermin IPTU Junaidi, Para Kepala Puskesmas Kec Perbaungan & Pegajahan, Para Kepala Desa/Lurah Se Kecamatan Perbaungan dan Pegajahan dan Para Pengusaha.

Dalam arahannya Kapolres meminta semua pihak bisa menangani Penyebaran covid19, terkhusus melakukan PPKM Mikro pada Dusun maupun lingkungan.

BACA JUGA..  Ratusan Siswa SMP Negeri 1 Beringin Ikuti Vaksinasi

“Situasi pandemi Covid19 di negara kita ada yang dalam Level Darurat atau PPKM Level 4. Covid19 bisa diselesaikan secara bersama sama, karna ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Apabila masyarakat merasakan gejala demam maupun gejala lain, harus segera cepat melaporkan kepada petugas kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran Covid19.

Zona Kuning pada Wilayah Kecamatan Perbaungan dan Sei Bambam, untuk itu kita gempur dengan Ops. Yustisi, PPKM dan hasilnya menurun,” terang AKBP Robin Simatupang.

Lanjutnya,ketersedian BOR rumah sakit, Pemerintah telah menyiapkan tempat tidur, Isolasi dan Oksigen untuk stok penanganan Covid19.

“Pada PPKM Level 3 pelaksanaan Belajar masih daring, dan Sektor Esensial dan Non Esensial dapat beroparasi sesuai dengan  jam operasional dan prokes secara ketat. Esensial Pertokoan, Rumah makan, pusat perbelanjaan pembatasan Pukul 20.00 Wib. Wilayah kita masuk sebagai kabupaten penyangga dalam PPKM Level 4 di Kota medan. Meniadakan kegiatan masyarakat yang menimbulkan kerumunan seperti Pesta hajatan. Dengan kita lakukan PPKM secara ketat mudah mudahan Kabupaten Kita kembali ke Zona Hijau,” ujar Kapolres.

BACA JUGA..  Berprestasi, Kapolres Sergai Berikan Reward Kepada Kasatlantas

Usai mengatakan itu, beberapa Kepala Desa (Kades) pun melakukan sesi tanya jawab dengan Kapolres. Kades Sei Jenggi yang mengatakan tidak memberikan Izin Kepada masyarakat melaksanakan Hajatan, namun ada Anggota Polri melaksanakan Hajatan Pesta.

“Masyarakat masih boleh melakukan Pesta hajatan termasuk TNI/Polri namun dengan Prokes Ketat 25% dan dibatasi hingga jam 17.00 Wib dan membuat surat pernyataan, apabila melanggar prokes dapat dibubarkan,” jawab Kapolres.

Kepala Desa Lidah Tanah, mengatakan banyak Pesta di wilayahnya dan berharap polisi turut serta dalam menghimbau masyarakat.

“Polres Sergai terus mengintruksikan kepada bhabinkamtibmas untuk sosialisasi kepada Masyatakat terkait hajatan Pesta.
Masyarakat membuat pernyataan dengan tetap patuhi Prokes 25%, tidak makan di tempat, apabila melanggar dapat di bubarkan,’ucap Kapolres menjawab pertanyaan Kades lidah tanah.

BACA JUGA..  Polsek Medan Kota Berhasil Temukan Anak Hilang

Kegiatan sesuai Peraturan Presiden No. 14 Thn 2021 tentang Pengadaan Vaksin dan pelaksanaan Vaksinasi dalam rangka penanggulangan pandemi Corona Virus Disease (Covid-19),  Insmendagri No. 23 tahun 2021, tanggal 20 Juli 2021 tentang PPKM berbasis Mikro dan mengoptimalkan Posko penanganan Covid-19 tingkat desa/kelurahan untuk mengendalikan Covid-19.

Juga, instruksi Gubernur Sumut No. 188.54/29/ISNT/2021, tanggal 21 Juli 2021 Tentang Perpanjangan PPKM berbasis Mikro dan mengobtimalkan Posko penanganan covid-19 di tingkat desa/kelurahan untuk mengendalikan penyebaran virus covid -19.

Serta Instruksi Bupati Serdang Bedagai Nomor : 18.2/443/404/2021, tanggal 6 Juli 2021 tentang perpanjangan pembatasan kegiatan masyarakat dalam rangka pengendalian penyebaran virus Covid-19 di tingkat desa/ Kelurahan. (gib)

EPAPER