BOR RS Corona di Medan Makin Tinggi, Kini Capai 73%

oleh -117 views

POSMETROMEDAN.com – Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) rumah sakit rujukan untuk pasien Corona di Kota Medan berada di angka 73 persen. Bobby meminta warga taat terhadap aturan PPKM level 4.

“Ini naik terus. Ini sudah di atas 70 persen. Per kemarin malam sudah mencapai 73 persen. Padahal siangnya masih 69 persen. Malamnya sudah mencapai 73 persen,” kata Bobby kepada wartawan, Rabu (28/7/2021).

Bobby meminta warga memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan agar tak tertular Corona. Dia mengingatkan warga kalau memakai masker lebih mudah daripada harus menjalani isolasi di rumah sakit gara-gara Corona.

BACA JUGA..  Bobby Ajak GP Ansor Medan Mendukung Program Masjid Mandiri

“Ini yang perlu sama-sama kita wanti-wanti bukan untuk menakut-nakuti. Tapi inilah kondisi sebenarnya. Ayolah ikuti protokol kesehatan, lebih gampang kita pakai masker, lebih gampang kuta menjaga jarak dari pada mencari tempat tidur RS, lebih gampang kita pakai masker daripada nyari-nyari obat. Lebih gampang kita pakai masker dari pada kita harus isolasi mandiri,” ujar Bobby.

Sebelumnya, Bobby mengatakan BOR rumah sakit rujukan pasien Corona di Medan berada di angka 69 persen. Bobby meminta warga patuh terhadap protokol kesehatan pencegahan Corona.

BACA JUGA..  Pemdes Suka Babo Diduga Korupsi Biaya Penanganan Covid-19

“BOR di Kota Medan betul ada peningkatan. Sebenarnya peningkatannya sudah dari kemarin-kemarin saya katakan. Start kita dari 1 bulan yang lalu itu saya katakan, bahkan satu setengah bulan yang lalu itu hanya di 36 sampai 38 persen. Hari ini, per hari ini, BOR kita untuk yang isolasi itu 69 persen dan yang ICU 68 persen. Ini angka yang sangat tinggi sudah mendekati 70 persen. Ini tinggal 1 persen lagi mencapai 70 persen ini angka yang sangat krusial,” kata Bobby, Selasa (27/7) siang.

Bobby menyebut positivity rate Corona di Medan saat ini dalam kondisi menurun. Dia berharap kasus Corona di Medan terus menurun.

BACA JUGA..  Borong Pertalite Pakai Jerigen Besar, Minibus Terbakar Saat Isi BBM di SPBU 14.203.1156 Lubuk Pakam

“Kita memang sebenarnya dikatakan menurun dan stabil. Dari kemarin itu 28 naik ke 30 turun lagi 28 naik lagi 30 dan hari ini 31, itu untuk positivity rate,” ucap Bobby.

“Ini karena tingkat kesembuhan kita yang sangat turun drastis. Dari 90,01 persen sekarang hanya tinggal 78 persen tingkat kesembuhan. Ini yang membuktikan bahwa semakin banyak yang mengisi yang sembuh juga semakin sedikit. Makanya BOR kita terus meningkat,” ucap Bobby. (ali)

EPAPER