Gubsu, Kapolda dan Pangdam Tinjau Lokasi Longsor PLTA Batang Toru

oleh -102 views
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi, bersama Kapoldasu Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, MSi, dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin, SIP, MM, Kabinda Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana beserta rombongan meninjau lokasi bencana alam tanah longsor di PLTA Batang Toru, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selata Selatan (Ist/posmetro)

EPAPER

POSMETROMEDAN.com – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi, bersama Kapoldasu Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, MSi, dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin, SIP, MM, Kabinda Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana beserta rombongan meninjau lokasi bencana alam tanah longsor di PLTA Batang Toru, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Minggu (2/5) lalu.

Rombongan tiba dengan menggunakan helikopter milik Polda Sumatera Utara BEL-429/P-3203. Bupati Tapsel, H Dolly Pasaribu dan Forkopimda di antaranya, Danrem 023/Kawal Samudra (KS) Kolonel (Inf) Febriel B Sikumbang, Dandim 0212/Tapsel Letkol (Inf) Rooy Chandra Sihombing, Kapolres Tapsel AKBP Roman S Elhaj, beserta Danyon C Sat Brimob Polda Sumut Kompol Buala Zega.

Kunjungan diawali dengan pemeriksaan posko-posko penanggulanga bencana seperti, posko kesehatan dan informasi serta posko TNI-Polri, Brimob, BPBD maupun Basarnas.

Rombongan juga meninjau beberapa prasarana penunjang yakni, mobil dapur umum, mobil toilet umum, mobil serbaguna, mobil tangki air dan mobil rescue.

BACA JUGA..  Jelang Lebaran, Dir Lantas Poldasu Cek Penyekatan Perbatasan Provinsi

Dalam kesempatan itu, Dandim 0212/TS memaparkan, kronologis kejadian serta langkah-langkah yang telah dilaksanakan sejak hari Kamis (29/4), sekitar pukul 18.30 wib.

Dijelaskan, seusai kejadian dilaksanakan rapat antara Forkopimda dan pihak PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE), tentang rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dalam upaya pencarian maupun evakuasi korban bencana.

<Dipaparkan juga, pada Jumat (30/4) sekitar pukul 08.30 WIB, petugas telah menemukan 3 jenazah korban yang dalam keadaan meninggal dunia serta telah dievakuasi menggunakan ambulans menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sipirok untuk di identifikasi. Dan pada jumat (1/5), ketiga jenazah telah dimakamkan di pemakaman kristen Desa Pangurabaan, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel.

Disebutkan, pada hari itu (Minggu) telah ditemukan 2 jenazah korban, di Muara Hutaraja, Kecamatan Muara Batang Toru, Kabupaten Tapsel. Terhadap kedua jenazah korban itu, langsung dievakuasi menggunakan ambulans ke RSUD Sipirok.

BACA JUGA..  BPBD Tetap Pantau Korban Bencana Alam Tanah Longsor Batang Toru

Sementara itu, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, dalam arahannya menyampaikan harapannya agar pencarian korban lainnya yang tertimbun longsor dapat dilaksanakan secara optimal dan terpadu serta melibatkan pemerintah provinsi maupun daerah dan TNI-Polri atau Basarnas.

Gubernur mengingatkan agar tetap memperhatikan keselamatan tim evakuasi.

“Karena melihat situasi, kondisi, dan medan yang masih rawan terjadi bencana di sini,” ungkapnya.

Gubernur juga meminta agar semua unsur terkait dapar bersinergi dalam melakukan evakuasi, dengan menggunakan alat-alat yang diperlukan untuk dioperasionalkan secara profesional oleh yang berkompeten, dan tidak memaksakan diri jika memang situasi di tempat, tidak memungkinkan untuk dilakukan evakuasi.

Kepada tim yang bertugas, Edy meminta agar menegaskan status area yang terjadi bencana alam longsor sesuai aturan. Edy mengatakan, saat ini sedang dalam suasana bulan puasa, untuk itu tim diminta bersabar dalam bertugas. Edy mengajak agar sama-sama berdoa dan berusaha demi lancar dan amannya proses kegiatan evakuasi.

BACA JUGA..  Salurkan Bantuan Kapoldasu, Kapolres Sergai Bagikan Tali Asih Pada Tokoh Agama

“Ke depan, tim evakuasi di lapangan agar selalu memberikan informasi perkembangan di lapangan kepada saya,” pintanya.

Setelah selesai melakukan peninjauan, Gubernur Sumut bersama rombongan meninggalkan lokasi tanah longsor.

Turut mendampingi Bupati, Sekda Tapsel Parulian Nasution, Asisten Administrasi Umum Ahmad Buchori, Kaban Kesbangpol Hamdy S Pulungan, Kadis PP dan KB Ahmad Ibrahim Lubis, Kadis Lingkungan Hidup Sahrir Siregar, Kadis Ketenagakerjaan Arman Pasaribu, Kadis Perumahan dan Permukiman Harpan Siregar, Ka. BKD Ahmad Suaib Harianja dan Kabag Humas & Protokol Isnut Siregar. (ran)

EPAPER