Tragis Jelang Ramadhan, 3 Rumah Warga Kurang Mampu Ludes Terbakar

oleh -747 views

EPAPER

POSMETROMEDAN.COMJelang ramadhan pasti membahagiakan umat muslim.

Namun akibat rumahnya kebakaran, tiga Kepala Keluarga di Lingkungan IV, Kelurahan Pekan Tanjung Pura, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, menjadi berduka.

Dari info yang dihimpun, kebakaran menghanguskan tiga unit rumah semi permanen milik warga kurang mampu, dini hari tadi, sekira pukul 03:20 wib, Jum’at (2/4/2021).

Diduga kuat, kebakaran akibat korsleting arus pendek listrik, tidak ada korban jiwa, namun kerugian material mencapai ratusan juta.

Diketahui, api bermula dari salah satu rumah yang terbakar. Milik Abdul Halim (53) berstatus lajang. Ia tinggal bersama adiknya Alimatun Syakdiah (50) yang berstatus gadis.

Besarnya kebakaran api, terus merambat ke rumah disebelahnya. Rumah milik Yusna Siregar alias Ombos (60), berstatus janda, yang tinggal bersama satu orang anaknya.

Belum dapat dipadamkan, kobaran api pun merambat ke rumah Ria Suryati (48), yang tinggal bersama 4 orang anak, dan 3 cucu berstatus anak yatim.

Menurut korban, Abdul Halim, api pertama kali dilihat adiknya, ketika hendak mengambil air wudhu untuk melakukan sholat tahajud.

“Malam tadi, ia berusaha memadamkan api dengan air seadanya didapur, namun api semakin besar, sehingga ia pun keluar rumah dan berteriak mintak tolong”, ungkap Abdul Halim dengan sedih.

Mengetahui adiknya berteriak, dirinya beserta warga bangun. Berupaya ikut memadamkan api.

Namun tidak mampu, karena kobaran api begitu besar. Akibatnya, api pun merambat ke rumah lainnya, melahap bangunan rumah, yang sebagian besar berbahan kayu.

Melihat api tidak terkendali, sebagian warga mendatangi posko pemadam kebakaran yang berada di Kantor Camat Tanjung Pura.

Namun sangat disesalkan, mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Langkat yang diharapkan warga itu, dikabarkan sedang mengalami kerusakan hampir dua bulanan.

Setelah berkoordinasi dengan posko kebakaran, mobil pemadam didatangkan dari unit pemadam kebakaran Pemkab Langkat, dari Kecamatan Stabat, tiba di lokasi kebakaran sekitar pukul 04:11 wib.

Namun, hanya sisa sisa api yang berhasil dipadamkan, bangun rumah sudah ludes terbakar.

Terlihat, Lurah Pekan Tanjung Pura Suwanto, Babinsa Koramil 11 Tanjung Pura, Serda Kusno, dan Babinkamtibmas Polsek Tanjung Pura, Aipda Tantowi bersama personil lainnya, berada dilokasi.

Saat di lokasi, Suwanto, menyampaikan turut berduka cita atas musibah kebakaran yang menimpa 3 rumah warganya.

“Kita sudah melaporkan musibah kebakaran ini kepada Camat Tanjung Pura”, ujar Suwanto kepada awak media.(yan)

EPAPER

BACA JUGA..  Pencarian Korban Tenggelam di Batang Serangan Dihentikan