Penjagal Kucing di Mandala Ditahan

oleh -218 views
KETERANGAN : Sonia, pemilik kucing yang dijagal pelaku memberikan keterangan kepada media.(DOK/POSMETRO MEDAN)

EPAPER

POSMETROMEDAN.com – Polsek Medan Area akhirnya menahan tersangka penjagal kucing di Mandala. Tersangka merupakan seorang pria berinisial RS alias N, warga Medan.

“Tersangka pelaku jagal kucing di Medan sudah ditahan,” kata Kuasa Hukum dari Advokasi Pejuang Hak Hidup Hewan, Francine Widjojo kepada wartawan, Rabu (14/4/2021).

Ia mengatakan tersangka telah ditahan sejak Jumat (9/4/2021) kemarin. Penahanan berdasarkan Laporan Polisi nomor LP/71/K/I/2020 tanggal 28 Januari 2021, dengan pelapor Sonia Rizkika atas kehilangan kucing peliharaannya bernama Tayo.

“Dan kemudian ditemukan potongan yang diduga kepala Tayo di rumah tersangka,” kata Francine.

BACA JUGA..  Kerja Cepat, Polsek Kota Pinang Ringkus 4 Pencuri Dump Truk 

Ia membeberkan, tersangka terancam sanksi pidana 5 tahun penjara atas dugaan tindak pidana pencurian berdasarkan Pasal 362 KUHP serta 2 tahun 8 bulan atas dugaan tindak pidana penganiayaan hewan berpemilik hingga menyebabkan kematian berdasarkan Pasal 406 ayat (2) jo. Pasal 302 ayat (2) KUHP.

Team Advokasi Pejuang Hak Hidup Hewan (PH3) sangat mengapresiasi Polsek Medan Area atas penahanan tersangka tersebut dan berharap agar berikutnya berkas perkara ini bisa segera P21 dan disidangkan.

“Sonia Rizkika selaku pemilik kucing Tayo tidak bersedia berdamai, serta meminta perkara pidana ini tetap diproses sesuai ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

BACA JUGA..  Bibit dari Pancurbatu, Petani Tanam 50 Batang Ganja 

Doni Herdaru Tona dari Animal Defenders Indonesia berharap kasus ini akan menjadi langkah maju dalam perlindungan hewan termasuk hewan domestik.

“Dan menjadi efek jera agar manusia tidak semena-mena terhadap hewan dan semakin sadar bahwa tanggung jawab kita bersama untuk melindungi hewan. Kita semua tidak akan tinggal diam dan terus memperjuangkan hal ini,” tandasnya.

Sementara, Kanit Reskrim Polsek Medan Area Iptu Rianto ketika dikonfirmasi wartawan meminta agar bersabar dulu. “Sabar dulu, nanti ada waktunya (dirilis),” katanya.

BACA JUGA..  Bibit dari Pancurbatu, Petani Tanam 50 Batang Ganja 

Sebelumnya, media sosial dihebohkan dengan kejadian pembunuhan kucing-kucing di Medan. Di mana, hewan peliharaan berkaki empat itu disebutkan dikuliti, dipotong diduga untuk dikonsumsi.

Hal ini pertama kali diungkap oleh pemilik akun Instagram @soniarizkikarai, pada Rabu (27/1/2021), tidak lama setelah kehilangan kucing kesayangannya.

Sonia pun bersama temannya mencari kucing tersebut. Kemudian, dia menerima informasi dari seseorang yang melihat kucingnya dimaksukkan ke goni di kawasan Jalan Tangguk Bongkar 7 Medan, Mandala, Medan Denai.(sor/ras)

EPAPER