Polmed Berikan Pelatihan Welding Inspektor Kepada Siswa SMKS Gelora Jaya Nusantara Pancur Batu

oleh -84 views

POSMETROMEDAN.com – Tim Dosen Politehnik Negeri Medan (Polmed) melakukan kegiatan Pengabdian Kemitraan  Masyarakat di SMKS Gelora Jaya Nusantara, Pancur Batu-Deli Serdang, 28 Oktober 2020 lalu.

Dalam kegiatan pengabdian kemitraan  masyarakat kali ini, khusus ditujukan untuk memperkenalkan standar pengelasan yang dianut The Welding Institute (TWI) kepada siswa jurusan otomotiv SMKS Gelora Jaya Nusantara.

Acara yang berlangsung selama satu hari tersebut, dihadiri oleh pihak yayasan SMKS Gelora Jaya Nusantara. Dalam pembukaan acara, Drs N Ginting selaku pembina yayasan sangat mengapresiasi atas terselenggaranya acara yang digagas oleh tim Dosen Politehnik ini.

BACA JUGA..  Beraroma Mark Up, Pembangunan Sumur Bor Disoal Warga

“Kami sangat berterima kasih kepada tim Dosen yang mana telah sudi memberikan ilmu untuk bekal para siswa kami. Semoga ilmu ini terus dikembangkan untuk bekal masa depan,” katanya.

Selain itu, Drs N Gintng selaku Pembina Yayasan, berpesan agar siswa memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan kompetensinya.

Acara yang bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda tersebut, N Ginting mengingatkan  agar semangat Sumpah Pemuda  dijadikan sebagai pemicu untuk meraih ilmu sebanyak mungkin, sebagai bekal bagi para siswa kedepannya.

BACA JUGA..  Pemkab Langkat Gelar Sosialisasi Kepada Parpol

Ketua tim Pengabdian Polmed Drs Piktor Tarigan M.Eng, pada kesempatan tersebut mengingatkan agar para siswa pentingnya standar dalam menilai kualitas hasil pekerjaan para siswa, dalam hal ini pekerjaan pengelasan.

“Bila siswa mampu mengimplementasikan standar pengelasan TKW ini dalam pengerjaan pengelasan, akan mampu meningkatkan daya saing siswa. Tidak hanya dalam skala nasional, bahkan di tingkat Internasional,” katanya.

Kegiatan pelatihan tersebut dibagi menjadi dua sesi. Sesi pemaparan berisi teori tentang standar pengelasan dan jenis serta penyebab cacat las oleh Melvin Bismark Sitorus ST, M.T selaku narasumber. Selanjutnya dengan sesi praktek langsung.  Pada sesi praktek terlihat antusiasme para siswa dalam melakukan inspeksi pengelasan.

BACA JUGA..  Desa Sei Bamban Dihantam Puting Beliung

Diakhir acara, tim Pengabdian terdiri dari Drs Piktor Tarigan M.Eng, Ir Liwat Tarigan M.T dan Ir Nelson Manurung M.T.

Dalam kesempatan itu, tim menyerahkan seluruh peralatan ukur pengelasan (welding tauge) kepada pihak sekolah SMKS Gelora  Jaya Nusantara, yang di terima langsung kepala sekolah Nurminta Ginting M.Pd.T. (sut).