HUT NAGAN RAYA

Satgas Pamtas Yonif Raider 100/PS Pastikan Patok Perbatasan RI-PNG Aman

oleh -133 views

POSMETROMEDAN.com – Satgas Pamtas Yonif Raider 100/PS memastikan patok tapal batas Republik Indonesia – Papua Nugini (RI-PNG) aman.

Personel dipimpin langsung Dansatgas Pamtas Yonif Raider 100/PS Mayor Inf Muhammad Zia Ulhaq untuk memastikannya di Kampung Paitenda, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua, Sabtu (29/8/2020).

Selain untuk memastikan letak patok batas kedua negara RI-PNG, Patroli Patok juga sebagai bahan orientasi di lapangan kepada Prajurit Satgas Yonif Raider 100/PS agar lebih mengenal medan serta situasi di perbatasan RI-PNG.

BACA JUGA..  Tingkatkan Pelayanan, Pelindo I TPK Belawan Lakukan Penataan Akses Masuk Terminal

“Kegiatan ini untuk memastikan letak patok batas negara RI-PNG tidak bergeser, sesuai dengan data yang tercatat di pemerintah kedua negara,” ujar Dansatgas Pamtas Yonif Raider 100/PS Mayor Inf Muhammad Zia Ulhaq kepasa POSMETROMEDAN.com, Minggu (30/8/2020).

“Kegiatan patroli ini juga merupakan salahsatu tugas pokok kita sebagai penjaga perbatasan,” sambungnya.

Patroli juga diikuti Perwira Topografi (Patop) Letda Ctp Fadlan. Selain meninjau patok, patroli juga untuk mengecek jalan tikus (tidak resmi) yang dibuat oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA..  Hujan 1 Jam Kota Medan Banjir Parah

“Jalan tikus ini biasanya dibuat pelintas illegal untuk dilalui. Kita akan evaluasi dan laporkan untuk penutupan jalan,” tutur Letda Fadlan.

Menutup kegiatan, Dansatgas Yonif Raider 100/PS mengucapkan terima kasih kepada anggotanya yang telah ikut dalam melaksanakan patroli tersebut.

“Kita akan laksanakan kegiatan ini secara rutin dalam upaya menjaga stabilitas keamanan di wilayah perbatasan serta menjaga patok tersebut dari kerusakan,” tutup Dansatgas.

Di tempat terpisah, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 100/PS Pos KM 76 juga melakukan patroli kemanan di sekitar Kampung Ukswar, Keerom, Papua. Sabtu, (29/8/2020).

BACA JUGA..  Sambut Purna Tugas Satgas Pamtas RI-Malaysia Tahun 2019, Pangdam I/BB Imbau Anggota Bijak Gunakan Medsos

“Patroli keamanan ini merupakan salah satu tugas pokok untuk meningkatkan keamanan dan kedisiplinan prajurit dalam hal apapun untuk menjaga perbatasan RI-PNG,” ujar Serda Arifin.

Terpisah, Dansatgas Pamtas Yonif Raider 100/PS Mayor Inf Muhammad Zia Ulhaq mengatakan, patroli keamanan ini akan dilakukan secara bertahap, bertingkat dan berkelanjutan.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan tulus dan ikhlas untuk menjaga keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelasnya.(*)