Tambang Emas Martabe Salurkan Beasiswa Martabe Prestasi 2020 Rp876,9 Juta

oleh -1.325 views
BEASISWA: Para penerima Beasiswa Martabe Prestasi 2020/2021. Pada tahun ini total penerima mencapai 200 orang. (Ist/posmetro medan)

POSMETROMEDAN.COM – Beasiswa Martabe Prestasi 2020 kembali disalurkan PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe kepada 200 orang pelajar berprestasi untuk Tahun ajaran 2020/2021.

Walaupun di tengah Pandemi, program ini tetap diselenggarakan rutin setiap tahun sejak 2017 di mana tahun ini total nilai beasiswa sebesar Rp 876,9 juta.

Direktur Operasional PTAR Darryn McClelland mengemukakan, pendidikan merupakan salah satu dari lima sektor utama sasaran program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat Tambang Emas Martabe. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan akses pendidikan bagi siswa-siswi berprestasi dan berkomitmen tinggi yang berasal dari keluarga pra-sejahtera di Kecamatan Batangtoru dan Kecamatan Muara Batangtoru.

“Pada tahun ajaran baru ini, total penerima manfaat mencapai 200 siswa, di mana 151 orang di antaranya merupakan penerima manfaat baru dan 49 orang lainnya adalah penerima manfaat lanjutan. PTAR berkomitmen untuk selalu memberikan nilai dan bertumbuh bersama seluruh pemangku kepentingan terutama masyarakat yang ada di sekitar tambang.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan adalah hal yang sangat penting. Kami ingin membantu siswa-siswi di Batangtoru dan Muara Batangtoru untuk mencapai tingkat pendidikan yang lebih tinggi,” ujar Darryn McClelland.

Lebih lanjut, Darryn McClelland mengatakan pada tahun ajaran 2020/2021 merupakan kali keempat PTAR menyelenggarakan program beasiswa Martabe Prestasi. Adapun, perusahaan berharap dapat secara konsisten melaksanakan program beasiswa Martabe Prestasi ini setiap tahunnya, diharapkan para penerima beasiswa dapat memotivasi siswa-siswi agar dapat menjadi inspirasi bagi keluarga dan lingkungan sekitarnya dan menjadi orang sukses yang dapat berkontribusi untuk kemajuan Batangtoru, Muara Batangtoru, Tapanuli Selatan dan juga Sumatera Utara.

BACA JUGA..  Gubsu dan Pjs Wali Kota Tinjau Banjir Rob di Bagan Deli

Senior Manager Community PTAR Pramana Triwahjudi menjelaskan pemberian Beasiswa Martabe Prestasi dibagi menjadi beberapa kategori. Kategori pertama adalah Penghargaan Akademis. Beasiswa ini ditujukan bagi siswa SD/Sederajat & SMP/ Sederajat.

Manfaat dari Beasiswa kategori ini berupa bantuan perlengkapan sekolah dan atau tunggakan pembayaran ke sekolah dengan nilai maksimal Rp500.000 bagi siswa SD/Sederajat dan Rp750.000 bagi siswa SMP/Sederajat. Bantuan ini diserahkan hanya satu kali pada tahun program berjalan.

Kategori kedua yakni Beasiswa Berkelanjutan ditujukan bagi siswa SMA/Sederajat, mahasiswa D3 dan S1. Beasiswa yang diberikan berupa biaya pendidikan sekolah/kuliah dan tunjangan biaya hidup sebesar total nilai: Rp3.000.000/tahun bagi siswa SMA/Sederajat sampai kelas XII (dua belas); Rp6.000.000/tahun bagi mahasiswa D3 di lembaga pendidikan negeri & swasta di wilayah Tabagsel, sampai semester ke-6 (enam); Rp6.000.000/tahun bagi mahasiswa S1 di Perguruan Tinggi negeri & swasta di wilayah Tabagsel, sampai semester ke-8 (delapan); serta Rp12.000.000/tahun bagi mahasiswa D3 di lembaga pendidikan negeri di luar wilayah Tabagsel, sampai semester ke-6 (enam); Rp12.000.000/tahun bagi mahasiswa S1 di Perguruan Tinggi negeri di luar wilayah Tabagsel, sampai semester ke-8 (delapan).

BACA JUGA..  Anjing Pelacak Sabhara Polda Coba Endus Tiga Bocah Hilang di Langkat

Pramana merinci sejak 2017 hingga tahun ini, jumlah penerima Beasiswa Martabe Prestasi sudah mencapai 721 orang dengan total nilai beasiswa lebih dari Rp2 miliar. Adapun  pada tahun ini, kategori penerima Penghargaan Prestasi Akademis Beasiswa Martabe Prestasi 2020 terdiri dari 84 orang pelajar SD/sederajat dan 37 orang pelajar SMP/sederajat.

BEASISWA: Sumiati Zebua, salah satu penerima Beasiswa Martabe Prestasi kategori Penghargaan Prestasi Berkelanjutan yang akan melanjutkan pendidikannya ke Universitas Palangkaraya. (Ist/posmetro medan)

Sementara itu, untuk kategori penerima penghargaan Prestasi Berkelanjutan Beasiswa Martabe Prestasi terdiri dari pelajar SMA/sederajat tujuh orang, SMA Negeri 2 Plus Sipirok sembilan orang, mahasiswa di universitas di wilayah Tabagsel lima orang, dan mahasiswa di universitas di wilayah non Tabagsel sembilan orang.

Hal yang membanggakan dari program beasiswa tahun ini adalah peningkatan jumlah secara signifikan untuk siswa-siswi yang diterima di SMA Plus Sipirok, yakni 9 orang dari tahun lalu hanya 2 orang. Sementara untuk mahasiswa/i Perguruan Tinggi Negeri tingkat nasional juga mengalami peningkatan.

“Seluruhnya adalah para pelajar yang telah lolos beberapa tahapan seleksi ketat yang kami lakukan. Kami berharap penerima beasiswa dapat memanfaatkannya dengan maksimal dan menjadikannya pendorong untuk pencapaian pendidikan yang lebih baik,” tambah Pramana.

Selain program Beasiswa Martabe Prestasi, PTAR sepanjang tahun lalu juga memiliki berbagai program lainnya di bidang pendidikan, di antaranya pengoperasian Taman Baca Anak (TBA), memfasilitasi kreativitas dan pembangunan karakter anak di Sopo Daganak, merenovasi fasilitas sekolah, pemberian bantuan komputer, serta mendukung pelestarian kebudayaan dan musik tradisional lokal.

BACA JUGA..  Ayah Perkosa Anak dan Tetangga Ditangkap

⏩⏩ Sekilas Tambang Emas Martabe

Tambang Emas Martabe dikelola dan dioperasikan oleh PT Agincourt Resources. Wilayah tambang mencakup area 30 km² yang berada dalam Kontrak Karya (KK) generasi keenam dengan total luas wilayah 1.303 km². Tambang Emas Martabe terletak di sisi barat pulau Sumatera, Kecamatan Batang Toru, Provinsi Sumatera Utara.

Tambang Emas Martabe mulai berproduksi penuh pada 24 Juli 2012 dan memiliki basis sumber daya per tanggal 31 Desember 2019 adalah 7,8 juta ounce emas dan 64 juta ounce perak. Kapasitas operasi Tambang Emas Martabe adalah lebih dari 5 juta ton bijih per tahun untuk memproduksi lebih dari 300.000 ounce emas dan 2-3 juta ounce perak per tahun. PT Agincourt Resources melibatkan lebih dari 2.600 karyawan dan kontraktor, sekitar 98% di antaranya adalah warga negara Indonesia, dan lebih dari 70% berasal dari desa setempat.

PT Danusa Tambang Nusantara (PTDTN), adalah pemegang saham 95% dari PT Agincourt Resources. PTDTN merupakan anak usaha dari PT United Tractors Tbk. 60% dan PT Pamapersada Nusantara 40%, sekaligus merupakan bagian dari grup usaha PT Astra International Tbk. Kepemilikan saham 5% dimiliki  Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dan Provinsi Sumatera Utara. (tob/rel)