Bupati Langkat Sholat Idul Adha 1441 H Bersama Masyarakat

  • Whatsapp

POSMETROMEDAN.COM-Bupati Langkat Terbit Rencana PA beserta keluarga melaksanakan sholat Idul Adha 1441 H bersama masyarakat, dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan.

Sholat digelar di Masjid Jamik Ar-Rohmah, Dusun ll Kampung Baru, Desa Raja Tengah, Kecamatan Kuala, Langkat, Jumat (31/7/2020).

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya sebelum menunaikan sholat, Bupati mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 H.

Melalui momentum Idul Adha ini, Bupati mengajak masyarakat Langkat untuk berdoa kepada Allah SWT agar bangsa Indonesia mampu melewati ujian wabah Covid-19.

Selain itu, Bupati berharap perayaan Idul Adha tahun ini menjadikan masyarakat Langkat sebagai masyarakat yang  mencintai dan mentaati Allah di atas segalanya.

“Seperti yang dicontohkan Nabi Ibrahim AS. Semoga dengan ketaatan itu, hidup dan mati kita memperoleh kemuliaan,” doanya.

Bupati mengatakan, hari tasyrik 10, 11, 12 dan 13 Dzulhijjah, diisyaratkan bagi muslim yang berkemampuan untuk melaksanakan penyembelihan hewan qurban.

“Jadi, bagi yang tahun ini menjadi peserta qurban, semoga diberikan keberkahan atas harta yang dikeluarkan,” tutur Bupati.

“Sedangkan bagi yang belum, semoga tahun depan diberikan kelapangan rezeki untuk berqurban,” sambungnya.

Bupati juga kembali menegaskan agar masyarakat Langkat tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Pakai masker, jaga jarak, biasakan cuci tangan dan menghindari kerumunan. Karena covid 19 belum berakhir,” tegasnya.

Kali ini, bertindak sebagai iman sekaligus khatib sholat Idul Adha, Kabag Kesos Setdakab Langkat, H. Syahrizal.

Dikhutbahnya, ia mengisahkan ketauladanan Nabi Ibrahim AS, yang menerima perintah Allah dengan keikhlasan untuk menyembelih anak kandungnya Nabi Ismail AS pada bulan Dzulhijjah.

“Sebagai gambaran, sebuah keluarga yang saling melengkapi dan menguatkan dalam ketaatan dan menghadapi ujian dengan tetap patuh kepada Allah,” sebut H Syahrizal.

Turut hadir, Plt. Asisten I Drs. Basrah Pardomuan, Plt Staf Ahli Bupati Ngaturken, Kadis Kominfo H. Syahmadi, Kadis Pendidikan H. Saiful Abdi, Kadis PUPR Subiyanto, Kepala BKD H. Romarlan Harahap, Kabag HPR Mahardika Sastra Nasution, Kabag Umpel Eka Depari, Camat Kuala Imanta, serta jama’ah sholat Idul Adha lainnya.

Sehari sebelum Idul Adha, Bupati Langkat dan keluarga menyumbangkan 5 ekor sapi kepada masyarakat untuk di qurbankan.

Penyerahan sapi qurban, secara simbolis diserahkan melalui Herman Harahap kepada ketua BKM Masjid Raya Stabat, T. M. Benyamin dengan memberikan 1 ekor sapi di  halaman Masjid Raya Stabat, Langkat, Kamis (30/7/2020).

Pada kesempatan itu, Herman mengatakan 5 ekor sapi yang disumbangkan diberikan di 5 wilayah terpisah.

Masing-masing, di Masjid Raya Stabat, pesantren Al Fatah Kecamatan Hinai, Masjid Zamik 1 Desa Selotong Kecamatan Secanggang, Tuan Guru Babussalam Kecamatan Padang Tualang dan di Kecamatan Pangkalan Susu.(yan/sut) 

Pos terkait