PERUMAHAN WEB

Dukung PSN Pembangunan Jaringan Gas Bumi, Pemko Medan Sosialisasikan Gas Kita

oleh
Pemko Medan sosialisasi Pengenalan Gas Kita di ruang Bright Gas kantor Pertamina MOR I Sumbagut, Medan Barat, Rabu (15/5/24). (Ali/Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Sebagai upaya dalam rangka mendukung rencana Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) terkait dengan Pembangunan Jaringan Gas Bumi, Pemko Medan melakukan sosialisasi Pengenalan Gas Kita di ruang Bright Gas kantor Pertamina MOR I Sumbagut, Medan Barat, Rabu (15/5/24).

Sosialisasi yang digelar Bagian Sumber Daya Alam (SDA) Kota Medan ini dibuka oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Asisten Ekbang Agus Suriyono. Hadir sebagai peserta dalam seminar ini  diantaranya Kasi Sarpras Kecamatan dan seluruh Lurah dari 11 Kecamatan.

Didampingi Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Emilia Lubis dan Kabag SDA Mulia Rahmad Nasution, Asisten Ekbang dalam membacakan sambutan Bobby Nasution mengatakan berdasarkan Peraturan Presiden nomor 18 tahun 2020 tentang rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) 2020-2024, pembangunan Jaringan Gas (Jargas)  termasuk salah satu proyek nasional. Dimana tujuan pembangunan Jargas adalah memberikan akses energi kepada masyarakat, menghemat pengeluaran biaya bahan bakar gas bumi, membantu ekonomi masyarakat menuju ekonomi masyarakat Mandiri dan ramah lingkungan serta mengurangi beban subsidi BBM dan LPG pada sektor rumah tangga.

BACA JUGA..  Sukseskan Program Posyandu Lansia dan Balita, Honor Petugas Patut Ditambahi

“Program pembangunan jaringan gas kota merupakan proyek pengganti LPG yang jumlahnya semakin menurun akibat kekurangan sumber daya. perlu diketahui program ini telah dilaksanakan Ditjen migas kementerian ESDM sejak 2009 hingga tahun 2023 yang lalu total telah terbangun 835.000 sambungan di setiap rumah-rumah di Indonesia”, jelas Agus.

Menurut Agus, jaringan gas ini nantinya menggunakan teknologi modern yang ringkas dan lebih aman dengan menggunakan gas kita Masyarakat kota Medan khususnya akan terjamin kebutuhan gasnya selama 24 jam selanjutnya gas ini juga mengandung metana berkualitas tinggi yang dapat menghasilkan api biru karena pembakaran yang sempurna.

BACA JUGA..  Hasyim Minta RS Serius Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

“Dibutuhkan keterlibatan seluruh pihak untuk mampu berkolaborasi dengan baik guna menyukseskan program gas kita dalam rangka pelaksanaan proyek strategi nasional.  kita sangat berharap program ini berjalan dengan mulus tentu saja juga harus diiringi oleh kerja keras karena hal ini nantinya juga akan turut berdampak dalam mewujudkan Indonesia emas pada tahun 2045”, jelasnya.

Agus juga meminta kepada seluruh Lurah agar dapat mengawasi pekerjaan pembangunan Jaringan Gas tersebut di wilayahnya. Sebab pembangunan  jaringan gas ini akan dilakukan diatas infrastruktur  ataupun aset daerah.

BACA JUGA..  Sudah Miliki Barcode Berlangganan, Warga Tetap Dikutip Uang Parkir

“Pastikan pekerjaan pemasangan jalur gas oleh pihak ketiga dari PGN di lakukan dengan baik terutama jika berada di infrastruktur jalan kota Medan. Jangan karena pekerjaan ini infrastruktur yang telah dibangun Pemko Medan mengalami kerusakan”, Sebut Agus.

Sebelumnya Kabag SDA Mulia Rahmad Nasution, menjelaskan sosialisasi ini merupakan bentuk dukungan Pemko Medan kepada PGN terhadap rencan pengembangan Jargas bumi rumah tangga. Dalam pertemuan ini dihadirkan narasumber dari Dinas Perindustrian, Perdagangan ESDM Provinsi Sumut, Aris Iskandar dan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) area Medan, Saeful Hadi dan Rahmat Hidayat. (*)

Reporter: Ali Amrizal
Editor: Maranatha Tobing