PERUMAHAN WEB

17 Rumah Rata Dilahap Api di Sibolga

oleh
Warga berkerumun di lokasi kebakaran hebat di Kota Sibolga, Rabu (13/3/2024) malam. Sedikitnya 17 rumah rusak dijilat lidah api. (Aris barasa/Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Kebakaran hebat terjadi di Kota Sibolga, Rabu (13/3/2024) malam. Sedikitnya 17 rumah rusak dijilat lidah api. Kebakaran itu diduga dipicu korsleting listrik.

Kasi Humas Polres Sibolga, Iptu Suyatno mengatakan kebakaran terjadi di Lorong V dan VI Pasir Bidang, Kelurahan Aek Habil, Sibolga Selatan, sekira pukul 20.00 WIB.

“Kebakaran menghanguskan 17 unit rumah. Api berasal dari rumah Rahmad Zunaidi Simanullang di Lorong VI, diduga akibat korsleting listrik di dapur,” kata Suyatno, Kamis (14/3/2024).

Suyatno mengatakan api dengan cepat merambat ke rumah-rumah warga lainnya. Ada tiga unit mobil pemadam kebakaran yang diterjunkan ke lokasi. Selang beberapa waktu, api dapat dipadamkan.

BACA JUGA..  Mantap, Intel Kodim 0201/TU Tangkap Bandar Judi 

Perwira pertama polri itu mengatakan pihaknya turut membantu evakuasi korban kebakaran itu. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Kebakaran tersebut mengakibatkan kerugian material yang cukup besar, tetapi tidak ada korban jiwa,” pungkasnya.

Pasca kebakaran, 21 kepala keluarga yang terdiri dari 71 jiwa kini ditampung di tenda darurat yang didirikan oleh Pemerintah Kota Sibolga.

Diperoleh informasi di lokasi kebakaran, 9 rumah rusak parah dan 8 rumah lainnya mengalami kerusakan ringan akibat kebakaran. Sebagaimana keterangan Kepala Lingkungan 4 Aek Habil, Sibolga Selatan, Marsi Situmeang, kejadian kebakaran ini terjadi sangat cepat. Kebakaran terjadi begitu cepat sehingga jarak kobaran api ke tempat kediamannya hanya berkisar puluhan meter.

BACA JUGA..  Polisi 'Gulung' Pemilik Sabu

“Saat kejadian, tadi malam karena jarak rumah saya ke lokasi hanya beberapa puluh meter, saya ke sana api sudah membesar, dan ada 71 jiwa yang jadi korban dampak kebakaran ini,” ujar ibu paruh baya yang baru beberapa bulan diangkat menjadi kepala lingkungan itu.

Dia juga menjelaskan bahwa dirinya bersama warga berusaha menghubungi pemadam kebakaran, dan ada sekitar 9 rumah yang sudah tidak terselamatkan lagi dari kejadian ini. Berkaitan dengan korban, tidak ada yang meninggal dunia. Jumlah kepala keluarga yang terdampak berjumlah dua puluh satu.

BACA JUGA..  Pelaku Penganiayaan Ditangkap

Marsi juga menjelaskan bahwa sejumlah bantuan telah didatangkan oleh Pemerintah Kota Sibolga guna penanganan para korban bencana kebakaran ini.

Pantauan media, di lokasi, sejumlah bantuan diserahkan berbagai pihak ke posko korban kebakaran. Termasuk bantuan dari Kodim 0211/Tapanuli Tengah berupa mie instan, beras, gula, telur, dan sejumlah kebutuhan lainnya yang langsung diserahkan oleh Dandim 0211/Tapanuli Tengah. (*)

Reporter: Aris Barasa
Editor: Hiras Situmeang