PERUMAHAN WEB

Bandar Narkoba Diringkus Polres Tanjungbalai

oleh
Tersangka bandar Sabu Kota Tanjungbalai, usai berhasil ditangkap Sat Narkoba Polres Tanjungbalai dari rumahnya. (Ignatius Siagian/Posmetromedan.com)

Posmetromedan.com – Seorang bandar narkotika jenis Sabu berhasil diringkus Polres Tanjungbalai. Tersangka berinisial ANS alias R (32) tak berkutik saat diborgol di rumahnya di Jalan Pepaya, Lingkungan III (Pantai Olang), Kelurahan Sirantau, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai.

Kapolres Tanjungbalai AKBP Yon Edi Winara,SH, SIK, MH yang dihubungi melalui Kasat Narkoba AKP Reynold Silalahi, SH, Kamis (11/1) membenarkan penangkapan kasus Sabu itu. Katanya, sebelum dilakukan penangkapan terhadap tersangka, personil Satres Narkoba terlebih dahulu melakukan penyelidikan terkait dengan adanya pengaduan masyarakat (Dumas) pada tanggal 09 Januari 2024.

“Dalam dumas yang mengatasnamakan masyarakat Kota Tanjungbalai itu dinyatakan, bahwa saat ini marak peredaran narkotika di dekat masjid di daerah Pantai Olang, Kelurahan Sirantau, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjungbalai,” ujar Kasat.

BACA JUGA..  Tersangka Pembunuh Rita Ngaku Terpaksa Akui BAP

Lalu, berdasarkan hasil penyelidikan oleh tim, seorang laki laki (sudah diketahui ciri cirinya) memiliki dan menjual narkotika di sekitar lokasi yang dimaksud yang dilakukan di dalam sebuah rumah yang terletak di Jalan Pepaya, Lingkungan III, Kelurahan Sirantau (Pantai Olang), Kecamatan Datuk Bandar.

Selanjutnya tim melakukan tekhnik undercover buy dengan cara memesan Narkoba jenis shabu-shabu kepada seorang laki laki berinisial S alias R (32) yang dicurigai tersebut dengan harga Rp100 ribu. Setelah bertemu, lanjutnya, kemudian S dan R  (32) langsung mengambil uang Rp100.000 tersebut dari tangan petugas yang menyamar sebagai pembeli.

BACA JUGA..  Gagal Transaksi Sabu, Pengedar Nginap di Polres Binjai

Tidak ingin tersangka melarikan diri, petugas langsung menyusul masuk ke dalam rumah untuk melakukan penangkapan terhadap S alias R. Melihat kedatangan petugas, imbuhnya, laki laki tersebut mencoba lari dari belakang rumah namun berhasil digagalkan petugas.

Selanjutnya tim melakukan penggeledahan di rumah tersebut dengan didampingi Kepling setempat dan menemukan 1 bungkus plastik klip transparan  diduga berisi narkotika sabu dengan berat kotor 4,64 gram, 1 pipet runcing / sekop dan 1 bal plastik klip transparan kosong di belakang rumahnya yang diakuinya sempat di buang saat di kejar oleh petugas.

Turut juga diamankan 1 unit handphone yang digunakan sebagai alat komunikasi. Sementara dari badan tersangka diamankan 1 buah dompet berisi uang tunai Rp.3.900.000 yang diakuinya uang hasil dari penjualan narkotika.

BACA JUGA..  Putri Korban Pembakaran Rumah Wartawan di Karo Datangi Komnas HAM, KPAI dan LPSK

“Kepada petugas, tersangka mengakui, bahwa narkoba tersebut didapat dari seorang laki-laki yang bernama M (belum tertangkap). Selain itu, tersangka juga mengaku sudah melakoni profesi tersebut yakni memperjualbelikan Narkotika jenis shabu-shabu sejak 1 tahun lalu,” tukas AKP Reynold Silalahi,SH.

Atas perbuatannya itu, tersangka diancam melakukan tindak pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 114 ayat (1) subs 112 ayat (1) UU RI nomor 35 Tahun 2009 tentang  Narkotika. (*)

Reporter: Ignatius Siagian
Editor: Maranatha Tobing