Animo Masyarakat Tinggi Serbu Gpm Yang Digelar Pemko Tebing Tinggi Bersama Bulog

oleh
Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi melalui Dinas Ketapang (Ketahanan Pangan) dan Pertanian bekerjasama dengan Perum Bulog Kantor Cabang Medan, Jumat (01/12/2023)
Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi melalui Dinas Ketapang (Ketahanan Pangan) dan Pertanian bekerjasama dengan Perum Bulog Kantor Cabang Medan, Jumat (01/12/2023)

Posmetromedan.com –  Animo masyarakat terlihat tinggi untuk melakukan pembelian bahan pangan dalam GPM (Gerakan Pangan Murah)yang digelar Pemerintah Kota (Pemko) Tebing Tinggi melalui Dinas Ketapang (Ketahanan Pangan) dan Pertanian bekerjasama dengan Perum Bulog Kantor Cabang Medan.

Hal ini terlihat sejak GPM digelar di hari pertama, Senin (27/11/2023) di kantor Kecamatan Padang Hulu dan berakhir hari ini, Jumat (01/12/2023) di kantor Kecamatan Rambutan Jl. Gunung Leuser No. 2.

Yang mana masyarakat terlihat rela mengantri dengan tertib hingga hampir 1 sampai 2 jam, untuk membeli barang kebutuhan pokok, berupa beras, gula dan minyak goreng.

Kadis Ketapang dan Pertanian Marimbun Marpaung, SP., M.Si. mengatakan, bahwa Pemko Tebing Tinggi bekerjasama dengan Perum Bulog Kantor Cabang Medan dan gudang Bulog Paya Pasir menggelar program GPM dalam rangka mengantisipasi pengendalian inflasi, stabilisasi harga dan menyambut hari besar keagamaan.

BACA JUGA..  Harga Beras Belum Stabil, Pemko Tebing Gelar Pasar Murah

“Kita disini berterimakasih kepada Bulog, kita difasilitasi terutama dengan masyarakat kita, naiknya harga beras sekarang ini. Ada beberapa komoditi bahan pokok strategis yang sangat dibutuhkan dan itu naik harganya,” kata Kadis Ketapang dan Pertanian.

Masih ujar Kadis Ketapang dan Pertanian, pihaknya bersama Perum Bulog, menyediakan beras SPHP sebanyak 4 ton di Kantor Kecamatan Padang Hulu, namun akan tingginya permintaan masyarakat, maka pelaksanaan GPM dihari berikutnya untuk kecamatan lainnya, ditambah menjadi 5 ton.

“Dengan harga beras Rp 53.000 per 5 kg, minyak goreng kita siapkan 500 liter per Kecamatan, harga Rp 27.000 per 2 liter dan gula kita siapkan 500 kg per Kecamatan dengan harga Rp 16.000 per kg,” ujar Kadis Ketapang dan Pertanian.

BACA JUGA..  Diduga Sebar Hoax, Oknum ASN Pemkab Simalungun akan Segera Dilaporkan

Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dinas Ketapang dan Pertanian, Erni Widya, SP. menambahkan, Pemko Tebing Tinggi melalui Dinas Ketapang dan Pertanian bekerjasama dengan Perum Bulog, akan kembali melaksanakan kegiatan serupa, GPM di masing-masing 5 Kecamatan.

“Kita akan melaksanakan kegiatan serupa di 5 Kecamatan juga, agar masyarakat bisa terpenuhi mendapatkan barang kebutuhan pokok dengan murah dan berkualitas. Event kita adalah GPM dan komoditi tetap kita bekerjasama dengan Bulog, di tanggal 14,15,16,17 dan 18 Desember 2023 per Kecamatan,” pungkasnya.

Diungkapkan oleh Kepala Gudang Bulog Paya Pasir Arya Wibisono, bahwasanya ada rencana dari Dinas Ketapang dan Pertanian melakukan GPM di minggu ke 2 bulan Desember.

BACA JUGA..  Pj Bupati Langkat: Tugas Utama Saya Mengentaskan Kemiskinan

“Untuk komoditi, kemungkinan besar bertambah apalagi ini menjelang Natal dan Tahun Baru. Beras akan ditambah menjadi 7 ton per kecamatan, sementara untuk gula pasir, minyak goreng dan komoditi lain, seperti daging beku, akan disesuaikan dengan permintaan dari Dinas Ketapang dan Pertanian,” ungkap Arya Wibisono.

Seorang warga, Herlinawati usia 42 tahun yang beralamat di jalan Karya lingkungan 3 Kelurahan Lalang, Kecamatan Rambutan mengungkapkan rasa senang dan merasa sangat terbantu atas kegiatan yang dilaksanakan ini.

“Senang dapat begini dengan harga murah, terbantu kali untuk konsumsi makan sehari-hari. Harapan ini diadakan lagi,” pungkas Herlinawati

 

REPORTER: Ridwan Manurung
EDITOR: Mangampu Sormin