Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Secara Virtual, Mendagri : Inflasi Saat Ini Dinamis Dan Perlu Penanganan Serius

oleh
Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. mengikuti rapat koordinasi (rakor) pengendalian inflasi secara virtual di ruang kerja Wali Kota lantai IV gedung Balai Kota, Senin (09/10/2023).
Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. mengikuti rapat koordinasi (rakor) pengendalian inflasi secara virtual di ruang kerja Wali Kota lantai IV gedung Balai Kota, Senin (09/10/2023).

Posmetromedan.com – Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. mengikuti rapat koordinasi (rakor) pengendalian inflasi secara virtual di ruang kerja Wali Kota lantai IV gedung Balai Kota, Senin (09/10/2023).

Rakor yang dilaksanakan rutin setiap minggunya ini, dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian., M.A., Ph.D.,  dan diikuti oleh jajaran Menteri Kabinet RI, Kepala instansi Vertikal serta Gubernur, Bupati/Wali kota se-Indonesia dan TPID di daerah masing-masing.

Disampaikan Mendagri RI, bahwa inflasi saat ini sangat dinamis. Oleh karena itu perlu penanganan yang serius. Disisi lain, Mendagri mengatakan tingkat inflasi tahun ini mengalami penurunan 2,28 persen jika dibandingkan pada bulan September tahun lalu.

“Saya dan seluruh jajaran meminta kepada seluruh kepala daerah untuk tetap berkoordinasi dan berkolaborasi kepada instansi pusat maupun daerah lainnya, agar dapat mencari solusi terbaik dalam penanganan kenaikan Inflasi,” ujar Mendagri RI.

BACA JUGA..  Pj Bupati Langkat: Tugas Utama Saya Mengentaskan Kemiskinan

Sementara itu, Kepala Divisi Perencanaan Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog, Epi Sulandari mengatakan bahwa Bulog telah melakukan upaya stabilisasi pasokan dan harga.

Dari sisi suplai, pengelolaan stok CBP, kegiatan SPHP dengan menambah pasokan beras ke pasar melalui kegiatan SPHP, penjualan beras komersial dan pangan lain dengan tetap menjaga HET (Harga Eceran Tertinggi) sebagai harga acuan penjualan.

Kemudian dari sisi demand, melalui bantuan Pangan CBP 2023 Tahap II dengan mengurangi permintaan ke pasar oleh 21.353 juta Penerima Bantuan Pangan (PBP), penyebaran stok dengan mengoptimalkan pergerakan perpindahan stok dari daerah produsen ke konsumen yang sebagian besar digunakan untuk Beras Bantuan Pangan – CBP 2023, Golongan Anggaran (ASN, TNI, Polri), dan bantuan Bencal.

BACA JUGA..  Syaiful Kembali Maju Jadi Ketua Wartawan Pemko Medan

Selanjutnya, media darling atau komunikasi dengan media massa dan pemanfaatan media sosial untuk menyebar info kegiatan stabilisasi oleh Pemerintah cq BULOG untuk menunjukan kesiapan Pemerintah atas kemampuan intervensi pasar.

Diungkapkannya, per tanggal 06 Oktober 2023, posisi total stok beras Bulog sebanyak 1.706.095 ton, dengan total stok CBP sebanyak 1.631.495 ton dan stok komersial 74.600 ton.

Seusai virtual, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Drs. Syarmadani, M.Si. mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada Forkopimda, instansi terkait dan TPID Kota, atas kolaborasi sehingga dapat mengendalikan laju inflasi.

“Kabar baiknya bahwa inflasi kita relatif stabil, tidak tinggi, semua kolaborasi terjalin dengan baik, harapan dapat tertangani dengan baik juga stunting dan kemiskinan esktrem,” ujar Pj. Wali Kota.

Untuk diketahui, data inflasi di Kota Tebing Tinggi, berdasarkan BPS Kota Tebing Tinggi, IHK (Indeks Harga Konsumen) Kota Tebing Tinggi mengikuti IHK Kota Pematang Siantar.

BACA JUGA..  Harga Beras Belum Stabil, Pemko Tebing Gelar Pasar Murah

Pada bulan September 2023, tingkat inflasi Kota Pematang Siantar bulan ke bulan (m to m) sebesar 0,16 persen sementara inflasi tahun ke tahun (y to y) sebesar 2,50 persen.

Turut hadir di ruang Kerja Wali Kota, Kadis Perdagangan, Koperasi dan UKM Zahidin, S.Pd., M.Pd., Kepala BPKKPD Sri Imbang jaya Putra, SP., M.SP., Kadishub M. Guntur Harahap, S.STP., M.Si.

Kemudian, Kadis PUPR Reza Aghista, S.E., M.Si., Kadis Sosial Drs. Khairil Anwar, M.Si., Kepala BPS Ir. Ida Suswati, M.Si., Kabag Perekonomian dan SDA Ir. Nasrullah, perwakilan OPD terkait, tim Aptika dan tim peliputan Diskominfo.

REPORTER: Ridwan Manurung
EDITOR: Mangampu Sormin