Terkait Laporan Dugaan Pemerasan Kades di Sergai, Tim Aswas Kejatisu Seret Sejumlah Nama Untuk Diperiksa

oleh
Kasi Intel Kejari Sergai Romel Tarigan SH saat memberikan keterangan kepada media, di kantor Kejari Sergai, Selasa (14/3/2023). (Surya Hasibuan/Posmetromedancom)

POSMETROMEDAN.com – Tim Asisten Pengawas (Aswas) Kejatisu menyeret sejumlah nama untuk diperiksa atas dugaan pemerasan terhadap sejumlah Kepala desa (Kades) diKabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Dari sejumlah nama itu adalah Sugito yang menjabat sebagai Direktur Lembaga Pemerhati Keadilan Hukum (LPKH), Selasa (14/3/2023).

Sugito diperiksa dikantor Kejari Sergai oleh tim aswas Kejatisu untuk dimintai keterangan atas laporannya terkait dugaan pemerasan sejumlah Kepala desa (Kades) diKabupaten Sergai.

Kasi Intel Kejari Sergai Romel Tarigan SH mengakui adanya pemeriksaan yang dilakukan oleh tim aswas Kejatisu di Kejari Sergai.

BACA JUGA..  Anak dan Bapak Kompak Bacoki Jukir di Stabat

Pemeriksaan ini hanya klarifikasi saja, untuk dimintai keterangan tentang pelapor. Pemeriksaan ini sudah selesai mungkin ada penambahanan sedikit sering berifing saja, katanya.

Namun, sejauh ini dirinya belum bisa mengetahui seperti apa pemeriksaan yang dilakukan oleh tim aswas Kejatisu itu.

“Kalau untuk pemeriksaan yang bersipat materil saya tidak tahu. Karena saya baru 2 minggu menjabat Kasi Intel disini,” ungkapnya.

Bahkan, terkait pemeriksaan yang dilakukan oleh tim aswas Kejatisu seperti apapun, dirinya juga tidak mengetahuinya.

BACA JUGA..  Polres Taput Ringkus Pembobol Toko Ponsel dari Kota Siantar

Saat pemeriksaan tadi, saya tidak bisa menanyakan langsung. Seperti apa pemeriksaannya, mungkin teman-teman sudah mengetahui sebelumnya, sambungnya.

Selain itu, hasil dari pemeriksaan yang dilakukan tim aswas Kejatisu dirinya juga tidak bisa mencampuri, apa hasil dari pemeriksaan tersebut.

“Terkait hasil dari pemeriksaan ini saya tidak bisa ikut campur disitu, karena saya bukan tim, saya juga bukan yang diperiksa, jadi saya tidak tahu hasilnya,” cetusnya.

Menurutnya, hasil dari pemeriksaan inikan sipatnya rahasia, karena sampai saat ini hasilnya belum ada pemberitahuan kepada pihaknya.

BACA JUGA..  RM Khas Batak di Siantar Terbakar, Satu Karyawan Melepuh

“Ini masih proes pemeriksaan, hasil dari pemeriksaan ini bukan kewenangan saya untuk mempublisnya,” sebutnya.

Sebelumnya, Sugito yang menjabat sebagai Direktur Lembaga Pemerhati Keadilan Hukum (LPKH) melaporkan oknum Kejaksaan di Sergai ke Jaksa Agung Muda Pengawasan.

Laporan ini atas dugaan pemerasan terhadap sejumlah Kepala desa (Kades) diKabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang dilakukan oleh oknum tersebut. (*).

Reporter: Surya Hasibuan
Editor: Maranatha Tobing